Jenis Tawon Vespa: Mengenal Lebih Jauh Tentang Hewan yang Menakutkan Ini

Tawon Vespa, sering juga disebut sebagai “tawon pembunuh” atau “tawon raksasa”, adalah jenis tawon yang memiliki ukuran yang cukup besar dan bisa menjadi ancaman bagi manusia. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis tawon Vespa yang cukup terkenal, antara lain Vespa mandarinia, Vespa affinis, dan Vespa tropica. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis tawon Vespa tersebut.

1. Tawon Vespa Mandarinia

Tawon Vespa mandarinia, juga dikenal sebagai “Asian giant hornet” atau “tawon raksasa Asia”, merupakan salah satu jenis tawon Vespa terbesar di dunia. Tawon ini memiliki panjang sekitar 5 cm, dengan ciri khas warna kuning dan hitam yang mencolok. Habitat asli tawon ini terdapat di Asia Timur, terutama di Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Tawon Vespa mandarinia dikenal sebagai predator yang kuat. Mereka memangsa serangga lain, terutama lebah, tawon kecil, dan serangga lain yang ditemui di sekitar sarangnya. Tawon ini juga bisa menyerang koloni lebah dan menyebabkan kerugian yang besar bagi peternak lebah.

2. Tawon Vespa Affinis

Tawon Vespa affinis, atau “tawon kuning” seperti yang sering disebut, adalah jenis tawon Vespa yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Vespa mandarinia. Tawon ini memiliki panjang sekitar 3 cm dan memiliki tubuh yang lebih ramping. Warna tubuhnya yang khas adalah kuning dan cokelat.

Tawon Vespa affinis biasanya hidup dalam koloni yang terdiri dari ratusan individu. Mereka membangun sarang di tempat-tempat tersembunyi, seperti pepohonan atau celah-celah bangunan. Meskipun terlihat menakutkan, tawon ini sebenarnya kurang agresif dan jarang menyerang manusia, kecuali jika mereka merasa terancam.

Baca Juga  Platina Vespa Super: Motor Klasik yang Menggoda Hati

3. Tawon Vespa Tropica

Tawon Vespa tropica, atau “tawon hitam”, adalah jenis tawon Vespa yang memiliki ciri khas warna tubuh hitam pekat. Mereka memiliki ukuran yang sedang, sekitar 2-3 cm, dan biasanya hidup dalam koloni yang cukup besar.

Tawon Vespa tropica dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan, kebun, hingga perkotaan. Mereka biasanya membangun sarang di tempat-tempat yang terlindungi, seperti dalam tanah, dalam celah bangunan, atau di antara batu-batu.

Perlindungan dari Tawon Vespa

Meskipun tawon Vespa terkenal karena sengatannya yang menyakitkan, sebenarnya mereka tidak akan menyerang manusia jika tidak merasa terancam. Namun, bagi mereka yang memiliki alergi terhadap sengatan serangga, sengatan tawon ini bisa menjadi sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah.

Jika Anda menemui sarang tawon Vespa di sekitar rumah atau tempat tinggal Anda, sebaiknya jangan mencoba untuk menghilangkannya sendiri. Hubungi petugas penanganan hama profesional yang memiliki pengalaman dalam mengatasi sarang tawon. Selain itu, hindari menggunakan bahan kimia atau obat serangga yang tidak tepat, karena hal tersebut dapat menyebabkan tawon menjadi lebih agresif dan meningkatkan risiko serangan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mengenal lebih jauh tentang beberapa jenis tawon Vespa yang ada di Indonesia, antara lain Vespa mandarinia, Vespa affinis, dan Vespa tropica. Meskipun tawon Vespa terkenal karena sengatannya yang menyakitkan, sebenarnya mereka tidak akan menyerang manusia jika tidak merasa terancam. Jika Anda menemui sarang tawon Vespa di sekitar rumah atau tempat tinggal Anda, sebaiknya hubungi petugas penanganan hama profesional untuk mengatasi masalah tersebut. Tetap waspada dan berhati-hati terhadap keberadaan tawon Vespa agar terhindar dari risiko serangan yang mungkin terjadi.

Baca Juga  Modifikasi Motor Vespa Racing