Cara Instal Ulang Core WordPress Tanpa Kehilangan Postingan

Karena berbagai alasan, website wordpress bisa saja mengalami masalah. Bahkan tidak jarang dashboard wordpress juga tidak bisa diakses sama sekali. Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah install ulang. Namun bagaimana cara instal ulang core wordpress tanpa kehilangan postingan?

Error wordpress bisa saja disebabkan ada malware yang menyusup. Selain itu, sering juga diakibatkan oleh update core wordpress yang gagal, sehingga ada file yang hilang dan mengakibatkan error. Melakukan install ulang tidak susah, namun tentu saja kita harus mempertahankan konten yang sudah ada.

Ya, postingan berupa artikel, gambar, dan lainnya harus kita selamatkan ketika melakukan install ulang wordpress. Bahkan untuk tema dan plugin juga bisa kita pertahankan, sehingga tidak repot melakukan kustomisasi setelah selesai install ulang.

Cara Instal Ulang Core WordPress Tanpa Kehilangan Postingan

Ketika website wordpress anda bermasalah dan harus melakukan install ulang core wordpress, maka terlebih dahulu harus mengetahui versi wordpress yang saat ini sedang anda gunakan. Versi wordpress yang sedang digunakan dan akan diinstal nantinya harus sama.

Setelah mengetahui versi wordpress, anda bisa langsung melakukan download file wordpress dari situs resmi, yakni wordpress.org. Disana anda bisa mencari versi wordpress yang anda gunakan, lalu download file zip dari wordpress tersebut.

Setelah selesai mendownload file wordpress, silahkan ekstrak di computer anda. Selanjutnya cari folder wp-content dan file script wp-config-sample.php. Setelah ditemukan, hapuslah folder dan file tersebut untuk menghindari overwrite saat melakukan install ulang core wordpress.

Jika folder dan file tersebut sudah dihapus, anda bisa mengcompress semuanya kembali menjadi file zip. Kita akan melakukan upload file tanpa wp-content dan wp-config-sample.php karena kita harus mempertahankan postingan yang sudah ada sebelumnya pada website wordpress.

Baca Juga  Cara Mengamankan Wordpress

Selanjutnya masuk ke Cpanel dan pilih menu File Manager. Disana anda bisa mencari folder Public_Html yang mana merupakan direktori website wordpress yang akan lakukan install ulang. Buka folder tersebut dan hapus semua file, kecuali folder wp-content dan file wp-config.php.

Untuk langkah ini, anda harus melakukannya dengan hati – hati. Jangan sampai menghapus file yang salah, karena akibatnya bisa fatal, misalnya kehilangan postingan yang sebelumnya sudah ada di website wordpress.

Setelah menghapus folder dan file tersebut, selanjutnya tinggal melakukan upload core wordpress yang sebelumnya sudah kita download dari website resmi wordpress. Karena file wordpress tersebut berbentuk file zip, maka lakukan ekstrak di cpanel setelah sukses melakukan upload.

Hingga tahap ini, seharusnya website wordpress sudah normal kembali dan install ulang core wordpress tanpa kehilangan postingan sudah sukses kita lakukan. Selain mudah, cara ini juga sangat minim resiko dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun yang baru memiliki website wordpress.

Kesimpulan

Menginstal kembali core wordpress memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun resikonya adalah anda harus kehilangan postingan dan tentunya ini akan sangat merepotkan. Maka dari itu, anda bisa menggunakan cara diatas demi menghindari hilangnya file penting pada website wordpress anda.

Apapun ceritanya, menghindari jauh lebih baik daripada mengobati. Usahakan agar website wordpress anda tetap aman dan terbebas dari tangan – tangan jahil para peretas yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, anda bisa mengamankan wordpress dengan langkah – langkah yang mudah.

Berbagai cara mengamankan wordpress bisa anda lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara yang mudah dengan menggunakan plugin, ataupun dengan cara mengubah – ubah kode pada cpanel. Namun jika anda masih pemula, usahakan untuk menggunakan cara yang mudah.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Kapasitas Size Maksimum Upload File Wordpress

Misalnya saja dengan menggunakan plugin yang sudah terkenal dan sudah mendapat banyak ulasan positif di direktori wordpress. Jika anda salah menjalankan cara tertentu, bukan tidak mungkin kalau website anda malah akan semakin rusak.

Last, demikian cara instal ulang core wordpress tanpa kehilangan postingan yang bisa anda lakukan. Sebelum mencari penyedia jasa wordpress yang kebanyakan harus mengeluarkan uang, alangkah baiknya anda mencoba terlebih dahulu untuk menyelesaikannya sendiri.

Tinggalkan komentar