Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Berjalan di Latar Belakang

Apakah baterai ponsel Android Anda lebih cepat habis dari yang diharapkan? Salah satu alasannya adalah aplikasi yang terus berjalan di latar belakang lama setelah Anda beralih ke tugas yang berbeda sama sekali. Aplikasi ini menguras baterai Anda dan juga menghabiskan memori perangkat Anda. Anda dapat menghentikan aplikasi Android agar tidak berjalan di latar belakang dan menghemat memori dan masa pakai baterai ponsel Anda yang berharga dengan menggunakan beberapa metode yang ditunjukkan kepada Anda dalam panduan ini.

Catatan: untuk panduan ini, kami menggunakan Google Pixel 3a yang menjalankan Android 11. Langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada merek, model, dan versi Android yang dijalankan perangkat Anda.

Cari tahu aplikasi mana yang berjalan dan menghabiskan daya baterai paling banyak

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan dan ketuk “Opsi Pengembang.” (Jika tidak tersedia, ikuti tautan ini untuk mengetahui cara mengaktifkan Opsi Pengembang.) Ini harus berada di bawah sub-menu Sistem.

Select – Running Services.

Di layar Running Services, Anda akan melihat daftar aplikasi latar belakang yang berjalan di perangkat Anda.

Untuk melihat aplikasi yang menguras baterai Anda, buka layar Pengaturan utama lagi. Di sana Anda akan melihat menu Baterai. Dari menu tarik-turun di sudut kanan atas, pilih “Penggunaan baterai.”

Di layar baru, Anda dapat melihat aplikasi yang menghabiskan sebagian besar baterai Anda.

Cara Memaksa berhenti aplikasi di HP android yang berjalan di datar belakang

Untuk menghentikan aplikasi Android berjalan di latar belakang, Anda hanya perlu menghentikannya secara paksa. Ini adalah cara yang cukup “agresif” Anggap saja seperti mematikan PC Anda tanpa mematikannya dengan benar: dengan beberapa risiko kehilangan beberapa data tetapi tidak akan merusak aplikasi dalam jangka panjang, juga tidak akan menghapus aplikasi.

Baca Juga  Download Apk Mod inDriver Versi 4.22 Auto Bid + Auto Time Bahasa Indonesia Terbaru

Catatan: saat Anda menghentikan paksa aplikasi Android, itu tidak mencegahnya berjalan di latar belakang saat Anda membukanya lagi. jadi jika anda membuka aplikasi tersebut lagi, dia akan langsung berjalan di latar belakang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah saya perlu “menutup” aplikasi dengan benar di Android?

Aplikasi Android memiliki cara yang lucu untuk “menutup”. Ini tidak seperti di PC atau Mac, di mana Anda biasanya dapat menutup program dan menghentikan prosesnya hanya dengan mengklik ikon “x” di sudut jendela.

Di Android, cara untuk “menutup” aplikasi bekerja sangat berbeda. Tidak ada tombol khusus untuk menutup aplikasi saat dibuka. Ya, Anda dapat menekan tombol “Beranda” atau “Kembali”, dan aplikasi menghilang dari layar Anda, tetapi pada saat itu, mereka tetap ada di latar belakang.

Untuk “menutup sepenuhnya” aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang, ketuk ikon kotak (atau “Aplikasi Terbaru” di hp Samsung), lalu geser ke atas pada setiap aplikasi yang ingin Anda tutup.

2. Mengapa aplikasi Android terus berjalan di latar belakang?

Aplikasi Android terus berjalan, karena mereka sering mempertahankan koneksi online untuk memberi tahu Anda jika Anda menerima pesan, mengirimi Anda pemberitahuan, dan perilaku aplikasi lain yang bergantung pada jaringan online.

3. Apakah menutup aplikasi latar belakang akan menghemat data?

Data adalah masalah yang jauh lebih kecil daripada masa pakai baterai dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan menggunakan panduan kami di atas, Anda dapat mengetahui mana yang menggunakan data paling banyak, yang akan memberi Anda gambaran tentang berapa banyak data latar belakang yang mereka gunakan bergantung pada penggunaan Anda. Tetapi sebagian besar, ada cara yang lebih baik untuk mengurangi penggunaan data daripada menutup aplikasi latar belakang.

Baca Juga  Cara Melihat Foto Profil Instagram di HP dan PC
close