Cara Setting Spuyer Karbu Vespa Agar Tidak Mudah Mogok Mendadak

Cara Setting Spuyer Karburator Vespa yang benar agar tidak Mogok Mendadak di jalan. tentunya akan menjadi masalah untuk kita jika tiba-tiba Motor Vespa Kita Macet, Maklum penyakit motor tua seperti motor vespa ini kendalanya hanya disitu saja, kalau tidak baut karbu dol atau spuyer mampet.

Kita tidak perlu heran jika vespa sering mati mendadak seperti kehabisan bensin, dikarenakan setiap motor tua tidak semuanya bisa di rawat dengan sempurna. terlebih lagi motor yang sudah teramat tua memang susah sekali untuk di benahi dengan normal.

Untuk kalian para pencinta vespa tentunya tidak satu dua kali mengalami moggok di tengah jalan saat sedang riding keluar kota atau hanya sekedar keliling desa-desa.

Kali ini kita akan menjawab semua keluhan tentang masalah yang sering para pecinta vespa alami di jalan. kendala yang sering di lontarkan pengguna motor tua ini biasanya adalah mendadak mogok karena busi mati itu akibat dari setting karbu yang kurang pas bahkan tidak benar.

Hal ini sangat sering sekali di alami bahkan hampir semua pengguna vespa, jadi tidak heran jika saat touring keluar kota anak vespa sebelum berangak sudah mempersiapkan busi yang banyak di bagasi atau tempong sebelah kiri jika motor yang di gunakan jenis vespa super, vespa sprint dan jenis lainya yang memiliki bagasi di tempongnya.

Untuk setelan spuyer sendiri jika salah bukan hanya membuat busi mati, tapi buat bahan bakar juga boros dikarenakan pembakaran yang dilakukan piston semakin membesar tidak beraturan dan mempercepat busi menjadi hitam. alhasil kalian akan merasa memiliki motor vespa itu sangat sulit dan biayanya mahal dan mudah mogok pula. tapi bagi pengguna yang sudah paham, mereka tau apa yang harus dilakukan untuk membuat motor vespa jadi irit tapi tetap kencang di jalan.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Mesin Motor Vespa yang Mogok

Ok kita lanjut lagi ke topik pembahasan mengenai cara setting karbu vespa yang benar dan tepat.

Cara Setting Spuyer Karbu Vespa yang Benar

Melihat bagaimana cara kerja karburator yang benar dengan mengontrol bahan bakar dan udara, untuk melihat perbandingan pada range sekitar Satu : Tiga belas – Lima belas. lalu bagaimana agar kita tahu dan pas bisa mendapatkan dorongan campuran suplai seakurat itu.

Sebenarnya jika setelan karbu sudah benar, pastinya akan terlihat begitu jelas dari suara yang di hasilkan setelah karbu itu di setel ulang, tapi dengan catatan mesin vespa masih normal dan tidak ada kendala apapun.

Contoh Setelan karbu yang Benar Seperti:

  • Pada ujung busi tampak berwarna Merah Bata, jika busi hitam terlalu boros, jika busi putih terlalu irit.
  • Asap yang di keluarkan tdak terasa begitu pedih dimata.
  • Tarika ringan dan entang tidak merasa terhambat atupun tersendat dan brebet.
  • Untuk jalan tenaga ynag setabil dan bensi juga irit.
  • suara terdengar yaring dan garing ( tring ting-ting-ting).

Hal terpenting dari beberapa part yang ada pada karbu vespa yaitu spuyer, setelan spuyer yang baik sangat berpengaruh pada saluran bahan bakar karena tempat keluar masuknya bahan bakar ada pada spuyer tersebut.

Maka dari itu kita akan bahas tuntas cara menyetel spuyer karbu vespa yang irit tapi tetap ngebut, simak langkah-langkahnya dengan baik seperti berikut.

Cara Setting Main Jet dan Pilot Jet Vespa

Karbu Vespa mempunyai 2 spuyer utama:

Baca Juga  Cara Membuka Roda Depan Vespa PX/Excel/Super

Satu buah main jet (kita bahas Karbu standart punya PX150 yang pakai karbu 20/20, ukurannya 100-125) yang berperan menyalurkan bahan bakar disaat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas

Satu buah pilot jet (Masih pakai karbu standar PX150 karbu 20/20 dengan ukuran 120-160) yang fungsinya memberi tekanan udara untuk menyalurkan bahan bakar dari putaran gas 0 derajat sampai penuh, jika pada putaran yang rendah pilot jet ini tidak berfungsi dengan signifikan, namun jika dalam putaran penuh dan Rpm mesin yang sudah tinggi. napas vespa panjang

Dan ada Satu lagi yang namanya suling, yangfungsinya untuk membuat effect cyclon, effect berputar untuk menyempurnakan proses pengabutan atau pencampuran udara dan bensin.

Ada tiga part yang berpengaruh untuk setingan karbu seperti jarum skep, setelan angin, Power jet dan ukuran venturi Karbu. jika venturi karbu memiliki ukuran yang besar otomatis spuyer yang kita butuhkan baik Pilot jet atau Main jet makin besar, karena udara yang masuk semakin besar.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk membesarkan atau mengecilkan spuyer vespa yang kita miliki? kita harus paham jika akan mengganti spuyer tersebut dengan catatan apakah mesin mengalami gejala kekurangan bahan bakar atau kelebihan bensin.

Di bawah ini adalah masalah yang sering terjadi pada motor vespa

  1. Vespa Ngempos atau tidak ada tenaganya adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga jika di gas tinggi seperti kehabisan bensin, dan seting karbu biasanya terlalu basah.
  2. Vespa Mbrebet Sering di alami Mesin dirasa udah enak dan padat tapi tenaga ketahan dan kadang dibarengin dengan benturan logam, dan setingan karbu masih terlalu basah.

Jadi maslah yang harus kita tau adalah jika vespa ngempos berarti kurangnya suplay bensin dan jika vespa mbrebet telalu banyak bensin yang masuk.

Baca Juga  Beli Vespa PX 150, Ketahui Dulu Original atau Tidak

Masalah yang sering terjadi oleh pengguna vespa jika setelan pilot jet tidak pas seperti saat pagi motor vespa susah hidup, jika sudah hidup lalu di gas ngempos. solusinya berarti naikkan pilot jet nya.

Saat di bawa jalan tiba-tiba tenaga hilang dan mogok mendadak saat gas di putaran rendah itu juga harus menaikkan ukuran pilot jet vespa nya.

Vespa sering over heat saat jalan pelan juga harus dinaikan pilot jet nya.

Cara Mengatasi Vespa yang Ngempos

  1. Bersihkan tangki dari kotoran dan karat agar bahan bakar yang turun tidak tercampur.
  2. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
  3. Bersihkan karburator dan lubang-lubang di karbu harus bersih
  4. Periksa ukuran lubang spuyer dan sebaiknya pakai ukuran standar dari pabrik

Untuk setting angin karburator vespa sebagai berikut:

jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Kalo kebesaran bensin jadi boros, busi gosong dan sering mati. Untuk Ukuran lubang yang terdapat pada spuyer Vespa harus berpatokan pada ukuran standar pabrik. settingan jarum karburator vespa harus pas dengan cara menyetel stasioner karbu ke setelan tertinggi, menggunakan obeng lalu putar kekanan stelah berhenti putar lagi, ke kiri sampai menemukan suara mesin pada putaran ter tinggi atau standarnya 2-2,5 putaran obeng.

Untuk ukuran spuyer karburator vespa 20/20 pilot jet langsam 55-160 , main jet160 BE bisa digunakan di vespa Excel 200, spartan, p200xe, excel exclusive, px , Super, Sprint.

Ukuran spuyer karbu vespa 20/15 dan ukuran spuyer standar 82 dan 42 (150).

Ok itulah sedikit ulasan mengenai Cara Setting Spuyer Karbu Vespa Agar Tidak Mudah Mogok Mendadak. semoga bisa bermanfaat bagi kita sesama pecinta vespa klasik.