Cara Membuat HP Android Menjadi Webcam PC atau Laptop

Cara Membuat HP Android Menjadi Webcam PC atau Laptop – Tidak seperti perangkat PC, laptop biasanya sudah dibekali dengan fitur kamera yang memungkinkan untuk digunakan selfie, video call, merekam video atau yang lainnya. Kamera pada laptop juga sangat berguna ketika kita ingin melakukan live streaming, baik untuk live streaming Youtube, live di Zoom atau yang lainnya.

Ingin melakukan beberapa hal di atas, akan tetapi apa jadinya jika kamera pada laptop tidak berfungsi atau rusak? Tenang saja, Anda masih bisa menggunakan HP yang nantinya difungsikan sebagai webcam atau kamera laptop atau PC. Berikut ini cara membuat HP android menjadi webcam PC atau laptop yang bisa coba Anda terapkan sendiri.

Cara Membuat HP Android Menjadi Webcam PC atau Laptop

Untuk bisa mengubah HP sebagai kamera PC atau laptop, Anda memerlukan aplikasi tambahan yang memang berfungsi untuk melakukan perubahan fungsi tersebut. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan, dan pastinya hampir semua aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis.

Adapun cara membuat HP android menjadi webcam PC atau laptop selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Menjadikan HP Sebagai Webcam PC atau Laptop dengan iVcam

Aplikasi untuk mengubah HP menjadi kamera PC atau laptop yang pertama yakni bernama iVcam. Cara penggunaannya pun terbilang mudah, berikut ini langkah-langkanya:

  1. Pertama Anda download dan install aplikasi iVcam di HP dan PC atau laptop. Anda bisa download file aplikasi tersebut melalui LINK INI. https://www.e2esoft.com/ivcam/
  2. Jika sudah, sekarang Anda jalankan aplikasi iVcam di perangkat HP dan PC/laptop.
  3. Kemudian Anda hubungkan kedua perangkat tersebut pada jaringan wifi yang sama melalui aplikasi iVcam. Jika tidak bisa, alternatif lainnya Anda bisa menghubungkan HP ke PC/laptop menggunakan kabel USB.
  4. Jika sudah berhasil terdeteksi dan terhubung, maka sekarang Anda sudah siap menggunakan HP sebagai kamera atau webcam dari PC atau laptop yang digunakan.
  5. Selesai.
Baca Juga  Mod Taxsee Driver Maxim Versi Gacor Warna Kuning Terbaru

Cara 2. Menjadikan HP Sebagai Webcam PC atau Laptop dengan Droidcam

Selain menggunakan aplikasi iVcam, alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan yakni bernama Droidcam. Aplikasi tersebut juga efektif untuk menjadikan HP sebagai webcam di perangkat PC atau laptop. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  1. Pertama Anda download dan install aplikasi Droidcam di HP dan Droidcam Client di PC atau laptop. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dev47apps.droidcam&hl=in
  2. Sekarang Anda aktifkan dulu USB Debugging di HP android. Caranya dengan masuk ke Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Informasi Perangkat Lunak >> Klik 5-7 kali pada Nomor Versi >> kembali ke Pengaturan >> Opsi Pengembang >> Aktifkan USB Debugging.
  3. Setelah aktif, sekarang hubungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan HP sudah terdeteksi oleh PC atau laptop dan berhasil terhubung.
  4. Sekarang jalankan Droidcam Client di PC.
  5. Pada halaman utama aplikasi tersebut, Anda klik USB kemudian klik Start.
  6. Dan HP sudah berhasil dijadikan sebagai webcam di PC atau laptop.
  7. Selesai.

Terkadang ada masalah saat menghubungkan HP ke PC atau laptop sehingga tidak bisa terhubung. Salah satu penyebabnya adalah karena masalah driver yang tidak terpasang di PC atau laptop. Sebagai solusinya, Anda bisa memasang driver HP android di PC atau laptop agar bisa terhubung. Itulah tadi dua cara membuat HP android menjadi webcam PC atau laptop yang mudah dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.