2 Cara Memformat Kartu SD Yang Rusak di Android

2 Cara Memformat Kartu SD Yang Rusak di Android – Fungsi utama pada kartu SD iyalah untuk memberikan tambahan ruang penyimpanan di ponsel android. Apakah kamu tahu kalau Cara Memformat Kartu SD yang rusak ternyata bisa di lakukan menggunakan sistem android. Jadi kalian bisa melakukan format menggunakan hp saja, saat menemukan kerusakan pada MicroSD / Kartu SD.

Bagi pengguna ponsel android kartu SD sangant penting dan menjadi salah satu pertolongan utama saat menjumpai memori ponsel akan habis. Pengguna hp android bisa menggunakan MicroSD sebagai alternatif jika memori penyimpanan penuh atau di rasa sudah mau habis. Atau bisa juga menambahkan space memori dengan Menghapus Cache hp Android. tapi cara ini tidak begitu efektif. alhasil nanti akan terjadi masalah memori habis lagi.

Tujuan dari melakukan format pada Kartu SD adalah saat kartu SD mengalami kerusakan, atau pengguna ingin menghapus semua data yang ada di ponsel mereka karena sudah tidak penting lagi atau sudah di pindah ke laptop atau pc. Nah, untuk kalian pengguna ponsel android bisa melakukan format micro SD dengan fitur yang sudah ada di ponsel tersebut.

Namun perlu di garis bawahi, bahwa tidak semuanya ponsel android di bekali dengan fitur canggih ini untuk bias melakukan format. Untuk melakukan format bisa di temukan di HP Samsung Android yang sudah di sediakan dalam sistemnya sendiri. Namun, Apa bila ponsel kamu tidak ada fitur untuk melakukan format tidak usah hawatir karena terdapat cara lainya yang bisa kamu coba.

Jadi alternaif lainya jika tidak ada fitur format di Smartphone android kalian, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Apa bila pengguna memiliki laptop atau pc bisa juga melakukan format.

Baca Juga  5 Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Sering Keluar Sendiri

Kerusakan pada Micro SD memang tidak bisa kita cegah, Apa lagi microSD yang harganya murah. Jadi gak herankan micro SD dengan harga yang murah seirng rusak. lebih baik mahal sedikit tapi ketahanannya dijamin.

Cara Memformat Kartu SD Yang Rusak

Cara Memformat Kartu SD

Saat kalian ingin melakukan format pada ponsel android, kalian adapat melakukan format dengan beberapa opsi yang ada. Berikut ini HADAPIN sampaikan beberapa tips mudah untuk bisa melakukan format di ponsel androiod kalian.

Tapi sebelum ke tutorialnya kalian dapat mengenali terlebih dahulu Ciri-ciri kartu SD rusak dan Efeknya

  • Ponsel Lemot
  • Aplikasi sering macet
  • HP Restart sendiri
  • HP Cepat Panas
  • Gagal simpan File
  • Proses transfer lambat

Format Kartu SD di HP Android

Cara yang sangat mudah untuk melakukan format microSD adalah di HP Android. Salah satu car ini pengguna bisa melakukan format data dengan mudah dan cepat. Jadi kita tidak usah melakukan format dengan aplikasi tambahan, kalian cukup masukan micro SD kedalam slot microSD di HP.

Melakukan format MicroSD di HP Android memang sangat simple, namun sebelum kalian format di anjurkan cek terlebih dahulu menggunakan Device lain apa benar microSD dalam kondisi rusak. Jika sudah yakin akan melakukan format ulang bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  2. Lanjut masuk ke menu Device Maintenance
  3. Lalu pilih menu Storage dan More Option
  4. Pilih lagi Storage Settings dan SD Card
  5. Selanjutnya pilih Format
  6. Silahkan tunggu sampai proses selesai
  7. Maka format MicroSD sudah berhasil di lakukan
Baca Juga  Cara Membuat HP Android Jadi Microphone

Cara untuk melakukan format dengan langakah yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat mudah dan cepat untuk pengguna ponsel android Samsung. Di beberapa ponsel android, Jika kamu pengguna HP Xiaomi, OPPO, Vivo, Realme dan lainnya cara melakukan format bisa menggunakan langkah berikut ini.

  1. Silahkan masuk ke Settings terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya kamu bisa masuk ke menu About Phone.
  3. Jika sudah lanjukan pilih Backup and Reset.
  4. Pilih lagi menu personal data
  5. Kamu bisa silahkan pilih Erase All Data (Factory Reset).
  6. Lanjtukan pilih Format Mock SD Card.
  7. Tunggu sampai format Selesai.

Cara yang telah kami jelaskan diatas bisa di aplikasikan untuk semua ponsel Xiaomi dengan MIUI lama maupun baru. Semakin besar data yang akan di hapus di MicroSD maka proses formating sendiri akan memakan waktu yang lama. Pastikan kalian menunggu sampai dengan format selesai agar tidak terjadi eror.

Format Kartu SD Menggunakan Aplikasi

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Dimana pilihan yang satu ini bisa jadi alternatif bagi anda yang sulit untuk memformat Memory HP yang rusak.

Aplikasi yang kami rekomendasikan iyalah aplikasi Erase SD card. Selain aplikasi tersebut sebenarnya masih ada banyak pilihan aplikasi lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk menghapus data di MicroSD. Namun apk erase SD Card sendiri terdapat segudang kelebihan dari aplikasi sejenisnya.

  1. Silahkan download aplikasi Erase SD Card di Playstore
  2. Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut
  3. Jangan lupa berikan akses Izin aplikasi
  4. Pilih menu format all di menu yang tersedia
  5. Maka dengan Otomatis semua data yang ada akan otomatis di format
Baca Juga  Kenapa Cek Kuota Indosat Tidak Bisa

Dengan menggunakan aplikasi tambahan menjadi salah satu cara cepat lainya yang bisa kalian gunakan jika cara sebelumnya tidak bisa kalian gunakan pada ponsel android kalian. selain itu tidak kalah cepatnya saat memproses format kartu SD anda yang rusak.

Kesimpulan

Begitulah dua cara mudah yang bisa kalian lakukan saat mencoba format microSD di HP Android. jadi kalian dapat menggunakan firut bawaan HP Android yang tersedia maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga jika dirasa diperlukan.

Dari semua cara yang ada silahkan kalian pilih dan yang sesuai dengan tipe ponsel kalian. dari beberapa pilihan yang ada, kalian bisa memilih salah satu yang bisa kalian gunakan dengan cepat dan mudah.

Tinggalkan komentar