Cara Mendaftar Shopee Paylater Agar Disetujui

Kemajuan teknologi pinjaman sekarang ini sudah semakin maju, misalnya saja paylater. Ini berarti jika kita bisa membeli suatu barang atau jasa, lalu membayarnya di kemudian hari. Salah satu yang paling diminati sekarang ini adalah shopee paylater. Lantas, bagaimana cara mendaftar shopee paylater?.

Shopee Paylater atau disingkat menjadi SPaylater adalah sebuah fitur dari shopee yang bekerjasama dengan pihak ketiga berupa penyedia jasa pinjaman. Dengan fitur ini, konsumen shopee bisa membeli barang tertentu, namun pembayarannya bisa dilakukan di kemudian hari.

Pengguna Shopee Paylater yang sudah disetujui bisa memilih untuk membayar pembelian barang dimaksud dengan cara sekali bayar ataupun dengan mencicil. Tersedia pilihan cicilan hingga 12 bulan, bahkan tidak tertutup kemungkinan hingga periode cicilan yang lebih lama.

Fitur seperti ini tentu akan akan sangat membantu pengguna yang sedang kebelet membeli suatu barang, namun tidak memiliki uang. Kita sebagai pengguna pun bisa melakukan pembelian terlebih dahulu, lalu memilih metode pembayaran paylater.

Saat check out barang yang hendak dibeli, kita bisa memilih untuk membayar secara sekaligus di bulan depan, ataupun membayar secara cicilan. Antara kedua pilihan cara pembayaran ini, tentu saja Shopee membebankan biaya paylater yang berbeda.

Apa Itu Shopee Paylater?

Metode Pembayaran SPaylater
Metode Pembayaran SPaylater

Mungkin banyak yang bertanya, apa itu shopee paylater?. Apa saja keuntungan menggunakan shopee paylater?. Apa saja kerugian menggunakan shopee paylater?. Ada banyak pertanyaan yang bisa muncul saat membahas perihal shopee paylater.

Jadi sebelum membahas cara mendaftar shopee paylater, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenai dengan lebih dalam shopee paylater. Keuntungan yang diberikan, kerugian yang ditimbulkan, dan juga kiat – kiat menggunakan shopee paylater.

Pada aplikasi, Shopee Paylater disebut dengan SPaylater. Fitur ini adalah metode pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen untuk membeli barang tertentu tanpa harus mempersiapkan uang untuk COD ataupun membayar via transfer.

Misalnya saja, kita memiliki limit shopee paylater sebesar Rp.2.000.000,- dan berniat membeli barang tertentu senilai Rp. 1.500.000. Setelah berhasil melakukan pembelian, maka limit shopee paylater kita tersisa kurang dari Rp. 500.000, karena terpotong biaya paylater pastinya.

Baca Juga  Cara Memunculkan Shopee Paylater Untuk Berbelanja

Lantas, berapa biaya shopee paylater?. Untuk anda yang memilih “Beli Sekarang, Bayar Nanti” itu berarti anda harus membayar sekaligus di bulan depan. Adapun Shopee menetapkan biaya senilai minimal 2,95% dari total nilai barang untuk pembayaran di bulan berikutnya.

Sementara untuk biaya pembayaran cicilan lebih besar lagi tentunya. Sementara jika anda mengalami keterlambatan pembayaran dari tanggal yang sudah ditentukan, Shopee juga membebankan biaya denda sebesar 5%.

Untuk anda yang ingin menggunakan shopee paylater, maka pergunakanlah dengan bijak. Jangan memaksakan diri untuk membeli barang tertentu, padahal kita sendiri belum bisa memastikan sumber uang yang akan kita dapatkan untuk melakukan pembayaran di bulan berikutnya.

Bagaimana Cara Memunculkan Fitur Shopee Paylater?

Bagaimana Cara Memunculkan Fitur Shopee Paylater
Bagaimana Cara Memunculkan Fitur Shopee Paylater

Mungkin banyak yang bingung dan bertanya, gimana cara dapat shopee paylater?. Keputusan apakah anda layak menjadi pengguna shopee paylater semuanya ada dalam keputusan Shopee sendiri. Namun tentunya, kita bisa berusaha meningkatkan peluang untuk mendapatkan fitur tersebut.

Shopee sendiri selaku marketplace yang menyediakan fitur SPaylater tentu tidak akan memberikan fitur ini kepada sembarangan orang. Setidaknya, ada beberapa syarat yang harus dilalui oleh pengguna agar berhak mendapatkan fitur ini.

Jika dalam aplikasi shopee anda terdapat tulisan Shopee Paylater atau SPaylater, berarti anda berhak mendaftar untuk ikut serta. Jika tidak, maka anda belum memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan fitur ini. Cara mengetahuinya cukup mudah, buka aplikasi shopee dan pergi ke tab “Saya”.

1. Berusia Minimal 17 Tahun

Syarat pertama untuk bisa mendapatkan fitur shopee paylater adalah berusia minimal 17 tahun. Syarat usia minimal ini memang sudah lumrah untuk fitur yang kurang lebih sama. Sama halnya ketika pengajuan kredit ataupun pinjaman lainnya.

Usia minimal 17 tahun ini bisa diketahui oleh Shoepee dari identitas diri yang kita daftarkan di aplikasi shopee. Jadi jika belum memenuhi usia minimal ini, maka anda sama sekali tidak berhak mendapatkan shopee paylater.

2. Melampirkan KTP

Untuk bisa menggunakan aplikasi shopee, kita memang tidak harus memberikan informasi KTP. Lantas, darimana Shopee mengetahui kita memiliki KTP atau tidak?. Ya tentu saja dari identitas diri yang sudah kita upload dan kita berikan.

Baca Juga  Cara Dropship dari Shopee ke Lazada dan Semacamnya

Anda tentu sudah tahu fitur “Shopeepay”, fitur untuk menyimpan saldo di akun shopee. Untuk upgrade menjadi ShopeePay Plus, maka anda harus melampirkan dokumen identitas diri berupa KTP. Jadi, dengan upgrade ShopeePay menjadi ShopeePay Plus, maka anda sudah berhasi memenuhi salah satu syarat untuk mengaktifkan shopee paylater.

3. Akun Shopee yang Aktif

Anda mungkin saja sudah sejak lama mendaftar di aplikasi shopee, namun kemudian tidak pernah membuka aplikasi shopee lagi, atau bahkan menghapusnya. Jika demikian, jangan berharap anda bisa mendapatkan fitur shopee paylater. Ini adalah salah satu syarat cara mendaftar shopee paylater yang sudah wajib.

Anda harus aktif dalam menggunakan aplikasi shopee. Menggunakan shopee bukan berarti hanya membeli barang saja. Anda bisa menggunakan shopee untuk membeli pulsa, membeli token listrik, membayar tagihan, dan lain sebagainya.

4. Usia Akun Shopee

Walaupun anda aktif menggunakan shopee, bukan berarti mutlak dan pasti sudah bisa mendapatkan fitur shopee paylater. Shopee menentukan, pengguna setidaknya sudah memiliki akun berusia minimal 3 bulan, barulah berkesempatan untuk mendapatkan fitur ini.

Jadi jika akun anda masih baru, bersabarlah setidaknya dalam 3 bulan. Tentunya, anda harus aktif dalam aplikasi shopee juga. Setelah 3 bulan terlewati, barulah anda berkemungkinan mendapatkan fitur SPaylater.

5. Transaksi

Adapun cara daftar shopee paylater berikutnya adalah harus diawali dengan keaktifan bertransaksi menggunakan shopee. Aktif bertransaksi maksudnya disini, anda bisa membeli barang, membeli pulsa, token listrik, ataupun membayar tagihan.

Pada shopee, ada istilah peringkat member. Diawali dari Classic paling rendah, lanjut ke Silver, Gold, lalu Platinum di posisi tertinggi. Peringkat member ini ditentukan berdasarkan jumlah pesanan anda dalam menggunakan aplikasi shopee.

Semakin tinggi peringkat membernya, maka semakin tinggi juga peluang untuk bisa mendapatkan fitur shopee paylater. Namun pada umumnya, para pengguna sudah diberikan pilihan fitur SPaylater saat berhasil menduduki peringkat Silver.

Cara Mendaftar Shopee Paylater

Limit Shopee Paylater
Limit Shopee Paylater

Setelah anda melewati atau memenuhi 5 syarat diatas, maka seharusnya anda sudah berhak mendapatkan fitur shopee paylater. Di bagan tab “Saya” aplikasi shopee, anda bisa melihat pilihan “Aktifkan SPaylater”.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Kapasitas Size Maksimum Upload File Wordpress

Ini berarti jika anda sudah berhasil mendapatkan fitur shopee paylater. Namun untuk mulai menggunakannya, anda harus mengajukannya terlebih dahulu. Kemungkinan untuk disetujui sangat besar, hanya saja untuk limitnya mungkin berbeda dengan pengguna lain.

  1. Pergi ke tab “Saya”, dan pilih menu “SPaylater”
  2. Klik “Aktifkan Sekarang” untuk mendapatkan kode verifikasi SMS di nomor yang terdaftar di Shopee
  3. Masukkan kode verifikasi “OTP”. Ingat, jangan memberitahukan kode OTP ini kepada siapapun juga, termasuk pihak Shopee sendiri. Masukkan di aplikasi, cukup dan tidak lebih dari itu.
  4. Unggah Foto KTP, pastikan informasi yang terdapat pada KTP bisa terlihat dengan jelas.
  5. Masukkan dan berikan informasi tambahan yang dibutuhkan.
  6. Verifikasi Wajah. Usahakan memotret wajah dengan baik dan terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup.
  7. Jika sudah berhasil memverifikasi wajah, maka pendaftaran sudah siap dan akan muncul tulisan “Spaylater Anda Sedang Diproses”. Anda harus menunggu notifikasi persetujuan dari Shopee.
  8. Jika pendaftaran anda sudah disetujui, maka anda akan menerima notifikasi “Anda telah berhasil mengaktifkan SPaylater”.
  9. Akun Spaylater sudah siap dan anda bisa menggunakan limitnya untuk berbelanja.

Setelah selesai melakukan cara mendaftar shopee paylater diatas dan disetujui, maka disana akan tercantum berapa limit yang anda miliki. Limit inilah yang bisa anda gunakan untuk berbelanja di marketplace Shopee. Hanya di Shopee ya, dan bukan di marketplace lainnya.

Cara mendaftar shopee paylater sebenarnya tidaklah susah sama sekali. Hanya saja tidak semua orang diberikan kesempatan untuk menikmati fitur ini atau memunculkan fitur ini di dashboard Shopee. Jika di aplikasi shopee anda terdapat aktifkan Spaylater, maka kemungkinan besar memang anda akan disetujui.

Sebaliknya jika belum, maka anda harus berjuang terlebih dahulu agar Shopee mengaktifkan fitur ini di dashboard akun shopee anda. Setelah itu, barulah anda bisa mendaftar dan menikmati berbagai kemudahan yang diberikan oleh SPaylater.

Oh ya jangan lupa juga, limit shopee paylater sama halnya dengan limit kartu kredit. Anda bisa menggunakan limitnya, namun terbatas untuk berbelanja saja. Anda sebagai pengguna shopee paylater tidak bisa melakukan tarik tunai atas limit tersebut.

Tinggalkan komentar