Cek Kelebihan dan Kekurangan Android 11 Sebelum Upgrade OS Anda!

Kelebihan dan Kekurangan Android 11 – Para pengguna ponsel berbasis Android semakin dimanjakan dengan OS terbarunya yang diklaim mampu menghadirkan system keamanan lebih baik dan visual yang lebih menarik. Google sendiri telah mengumumkan jika Android 11 memang lebih fokus pada pembaruan privasi, seperti perizinan instalasi aplikasi yang lebih ketat.

Namun, di balik sejumlah kelebihan yang ditawarkan, OS yang rilis pada September tahun lalu ini juga masih memiliki beberapa kekurangan yang cukup disayangkan. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan Android 11? Dapatkan informasi lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Kelebihan Android 11

Selain sedikit kelebihan Android 11 yang sudah disebutkan di atas, OS yang sudah mulai digunakan pada brand Google Pixel, Samsung, OPPO hingga Xiaomi ini juga menawarkan keunggulan lain.

Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Izin Aplikasi Lebih Ketat

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu faktor yang menjadi fokus Google pada OS terbarunya adalah perizinan instalasi aplikasi yang lebih ketat.

Di sini pengguna bisa memberikan izin sementara ketika aplikasi dibuka. Dan secara otomatis Google akan mencabut perizinan aplikasi tersebut ketika ditutup. Namun, tentunya Google juga memberikan keleluasaan pada pengguna untuk mengaktifkan izin aplikasi secara permanen.

Cukup akses menu Pengaturan -> pilih Aplikasi -> tab ikon (i) -> Permissions -> Remove Permissions if App isn’t used.

  • Kontrol Notifikasi Lebih Baik

Notifikasi yang muncul secara acak sering kali membuat pengguna malas membukanya. Nah, Android 11 hadir dengan pembaruan kontrol notifikasi yang lebih baik.

Seluruh percakapan pada aplikasi pesan teks akan muncul terpisah yakni di bagian masing-masing. Anda juga bisa menampilkan notifikasi percakapan secara normal.

  • Tombol Power Multifungsi
Baca Juga  5 Aplikasi Membuat Karikatur Android untuk Pemula

Ini dia pembaruan yang cukup mentereng dari Android 11. Jika biasanya tombol Power hanya berfungsi untuk menyalakan, mematikan atau restart ponsel, kini Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai fungsi.

Ya, Google telah menyediakan fitur Google Pay Credit, kartu debit, dan teknologi smart home devices. Di mana seluruh fitur baru tersebut bisa Anda aktifkan dan atur melalui tombol power.

Sayangnya, kelebihan Android 11 ini baru bisa Anda dapatkan pada Google Pixel.

  • Kontrol Media Dinamis

Hobi mendengarkan musik? Kini Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi pemutar lagu karena fitur pemutar media sudah dialihkan ke panel Quick Settings.

Scroll layar notifikasi ke bagian bawah dan Anda akan menemukan tab kontrol media termasuk pengaturan speaker yang digunakan.

  • Perekam Layar Bawaan

Jika sebelumnya Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga hanya untuk merekam layar, kini Google telah menghadirkan fitur yang Anda butuhkan.

Dengan fitur perekam layar bawaan, pengguna bisa merekam layar dengan satu sentuhan saja lengkap audionya juga. Tentu kualitas video yang didapat jernih.

Selain lima kelebihan utama tersebut, Google juga menyuguhkan beberapa fitur unggulan lain, seperti:

  • Riwayat pemberitahuan
  • Pin aplikasi favorit
  • Tersedia Dark Mode untuk menghemat baterai ponsel
  • Voice Access lebih canggih
  • Dan lain-lain.

Kekurangan Android 11

Tidak bisa dimungkiri jika OS buatan Google ini juga masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan Android 11:

  1. Masih Rentang dengan Bug

Beberapa pengguna yang sudah upgrade OS menjadi Android 11 mengeluhkan terjadi bug yang menganggu aktivitas multitasking.

  • Penyimpanan Terlingkup

Kasus lain yang pernah dialam pengguna Android 11 yaitu akses pada folder system tidak bisa lagi. Parahnya, beberapa pengguna juga tidak bisa mengutak-atik folder Unduhan pada ponsel.

Baca Juga  5 Aplikasi Android yang Bikin Pintar

Mereview kelebihan dan kekurangan Android 11, Google tampaknya masih terus berusaha meningkatkan layanan melalui OS terbarunya ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan Android 11, karena kelebihan yang ditawarkan tampaknya sudah lebih dari cukup untuk menutup kekurangan tersebut.