5 Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Sering Keluar Sendiri

Cara mengatasi aplikasi android yang sering keluar sendiri– Di HP android pengguna diberikan kebebasan untuk menginstall aplikasi apa pun di dalamnya. Aplikasi android ini sendiri bisa didownload dengan mudah melalui Google Playstore, bahkan hampir semua aplikasi bisa didownload secara gratis. Selain itu, kita juga bisa mengunduh aplikasi android versi APK melalui situs lain yang ada di internet.

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang ada saja masalah error yang dialami. Misalnya saja aplikasi yang sering keluar dengan sendiri saat pengguna menjalankan aplikasi tersebut. Hal seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan bisa terjadi pada aplikasi apa saja. Namun, yang paling penting adalah bagaimana cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri tersebut. Berikut ini informasi selengkapnya.

Cara mengatasi aplikasi android yang sering keluar sendiri (Force Closed)

Cara mengatasi aplikasi android yang sering keluar sendiri (Force Closed)

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki masalah aplikasi yang sering keluar sendiri. Biasanya masalah ini juga muncul notifikasi yang bertulis aplikasi telah berhenti. Adapun cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Cara yang pertama bisa Anda terapkan yakni dengan melakukan restart HP android. Aplikasi yang keluar sendiri bisa karena ruang memori atau RAM yang penuh, sehingga tidak bisa menjalankan aplikasi baru.

Melakukan restart HP akan menghapus data sementara yang tersimpan di RAM secara permanen. Cara ini juga akan meningkatkan peforma HP sehingga lebih cepat dan responsive.

Baca Juga  Cara Share Link Youtube ke Instagram Story atau Post

2. Menghapus Cache Aplikasi

Pada aplikasi biasanya juga akan menyimpan file cache secara otomatis. Di mana file cache ini dibutuhkan untuk mempercepat loading saat aplikasi dijalankan di momen kedua. Akan tetapi, cache yang menumpuk terlalu lama bisa juga menyebabkan aplikasi error, termasuk error sering keluar sendiri.

Untuk cara menghapus file cache dari aplikasi yang sering keluar sendiri tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi yang error sering keluar sendiri.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Terakhir klik Clear Cache atau Hapus Memori.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi

Selain file cache, file data dari aplikasi juga bisa menjadi penyebab aplikasi mengalami error, termasuk aplikasi keluar secara tiba-tiba. Bisa jadi terdapat data corrupt atau hal lainnya yang menyebabkan masalah tersebut. Untuk itu, Anda perlu menghapus data aplikasi dan memaksanya berhenti. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Pilih aplikasi yang error keluar sendiri secara tiba-tiba.
  • Kemudian klik Paksa Berhenti.
  • Lanjut dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.

4. Update atau Install Ulang Aplikasi

Periksa apakah aplikasi yang sering keluar sendiri tersebut merupakan versi lama atau sudah diupdate ke versi baru. Jika merupakan versi lama, bisa jadi masalah aplikasi keluar sendiri disebabkan oleh penggunaan versi lawas ini. Untuk itu, Anda perlu melakukan update aplikasi tersebut melalui Google Playstore.

Jika memang aplikasi sudah diupdate ke versi terbaru, namun masih tetap sering keluar sendiri, maka Anda bisa mencoba menghapusnya. Tekan dan tahan pada ikon aplikasi, lalu pilih Uninstall atau Hapus Instalasi. Jika sudah, selanjutnya lakukan restart HP, kemudian install ulang aplikasi tersebut melalui Google Playstore.

Baca Juga  Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati

5. Update Versi OS Android

Penyebab lain aplikasi sering keluar sendiri bisa karena versi OS Android yang sudah tidak kompatibel dengan versi aplikasi terbaru tersebut. Untuk itu, Anda perlu melakukan update versi OS Android di HP ke versi yang terbaru.

Untuk cara melakukannya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Update dan Install >> download OS Android versi terbaru dan pasang di perangkat smartphone.

Itulah tadi beberapa Cara mengatasi aplikasi android yang sering keluar sendiri yang dapat kalian coba dirumah. apa bila kalian tidak bisa melakukanya sendiri ajak teman-teman kalian yang mengerti tentang cara diatas, agar tidak terjadi masalah yang lebih serius pada HP android anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua.

close