4 Ide Peluang Usaha Di Bidang Komunikasi Yang Menjanjikan Bikin Kaya Raya

Usaha tidak hanya bisa dilakukan dengan menjual suatu produk fisik saja. Ada banyak ide peluang usaha yang bisa dijalankan termasuk di bidang komunikasi. Hanya saja ide peluang usaha di bidang komunikasi memang tidak menjual produk secara fisik.

Melainkan rata – rata menjalankan jasa yang ditawarkan. Mengenai apa saja ide peluang usaha di bidang komunikasi, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkap dan menariknya untuk Anda. Let’s check these out!

Ide Usaha di Bidang Komunikasi Bisa Bikin Kaya Raya

Ide Usaha di Bidang Komunikasi Bisa Bikin Kaya Raya

1. Menjadi YouTuber

Bekerja sebagai YouTuber saat ini di era digital menjadi salah satu ide peluang usaha di bidang komunikasi yang sangat prospektif. Sebagai YouTuber, Anda harus membuat suatu video yang menarik dan sesuai dengan target viewers Anda agar mereka tidak bosan dengan apa yang Anda perlihatkan dalam video yang diupload.

Sesekali Anda harus membalas komen mereka agar mereka tahu Anda loyal terhadap mereka dan tidak bosan untuk menonton video yang Anda upload. Nantinya dari channel YouTube yang sudah prospek, akan banyak penghasilan dan potensi penghasilan yang bisa Anda dapatkan mulai dari :

  • Pendapatan adsense
  • Pendapatan kerja sama brand
  • Endorse dan sebagainya

Namun untuk mendapatkan semua itu tentu Anda harus rajin membuat video dan harus memiliki jumlah minimal viewers dan minimal subscriber. Dengan demikian Anda harus push dulu channel YouTube Anda agar memenuhi persyaratan sebelum mendapatkan penghasilan.

2. Menjadi content creator

Menjadi content creator cakupannya lebih luas dari membuat konten YouTube. Banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang content creator dalam pembuatan suatu video sebelum diuploa, contohnya pembuatan konten footage suatu video.

Akan tetapi ada beberapa catatan yang perlu dipahami seorang content creator, kontennya juga sama halnya dengan konten YouTube yang tidak boleh asal buat dan tidak boleh melanggar hak cipta. Nantinya konten tersebut bisa dipost di sosial media dan jika sudah mendapatkan banyak pengikut dan jumlah viewers yang banyak, Anda bisa menjadi selebgram.

Anda pun bisa menawarkan jasa promosi, jasa endorse dan review produk. Bahkan Anda pun bisa bekerjasama dengan berbagai brand untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

3. Production house

Production house cakupan usahanya lebih besar dari content creator. Jadi production house merupakan tempat atau wadah bagi para content creator. Bisa dibilang production house ini merupakan pasarnya content creator.

Artinya profesi ini berkaitan sangat erat satu dengan yang lainnya. Dengan demikian sebuah studio yang dimiliki sebuah production house bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan mulai dari content creation, program acara, webinar, talkshow dan sebagainya.

Studio dari suatu production house yang dimiliki bisa disewakan yang satu kali sesi penyewaan bisa sampai jutaan rupiah dan juga bisa mengomersialkan konten yang diproduksi itu sendiri.

4. Creative preneur

Creative preneur merupakan suatu bidang usaha yang berkaitan dengan karya non fisik seperti animasi, desain, audio visual, dan sebagainya. Orang – orang yang kreatiflah yang bisa menjalankan bisnis di bidang ini karena komponen utama dalam menjalankannya adalah kekayaan intelektual pelaku bisnisnya.

Biasanya bidang yang akan dimasuki creative preneur seperti videografi, desain grafis, fotografi, arsitektur, interior, game, musik, tari, animasi dan sebagainya.

Itulah beragam ide peluang usaha di bidang komunikasi yang bisa dijalankan. Anda yang tertarik menjalankan usaha di bidang komunikasi bisa menjalankan salah satu ide bisnis di atas.