Pengalaman Mengikuti Seleksi Management Trainee Terbaru

Pengalaman Mengikuti Seleksi Management Trainee – Management trainee atau yang biasa disebut MT bisa jadi adalah suatu istilah yang tidak asing di telinga kita. Meski begitu, mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang pekerjaan ini.

Banyak fresh graduate yang memilih masuk ke dunia MT sebagai batu loncatan dalam dunia karier.

Dengan mengikuti MT juga kamu akan belajar banyak hal yang rinci sehingga hard skill, soft skill serta interpersonal skill semakin terasah.

Lalu, apa, sih, management trainee itu? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengikutinya serta tugas dan tanggung jawabnya?

Apa Itu Management Trainee?

Management Trainee adalah salah satu program perekrutan karyawan baru. Di program ini, kandidat yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang unit bisnis dan profil perusahaan. Tujuan dari program ini adalah untuk melatih dan mempersiapkan karyawan baru yang memiliki kualitas untuk ditempatkan di level manajerial perusahaan. Durasi pelatihannya tergantung kebijakan setiap perusahaan, bisa 1 tahun atau 2 tahun.

Pelatihan dan pengetahuan yang diberikan tentang semua proses operasional perusahaan, pengendalian bisnis, keterampilan perencanaan, manajemen risiko, perencanaan dan manajerial. Dalam pelatihan ini, kamu akan diawasi dan dievaluasi oleh supervisor atau manager.

Selain pelatihan teori, kamu juga akan mendapatkan on the job training atau praktik kerja langsung dengan mengikuti kegiatan perusahaan sehari-hari. Kamu bisa belajar dengan sesama trainee atau dengan senior di perusahaan tersebut.

Contoh program Management Trainee di berbagai perusahaan adalah:

  • Management Trainee STAR Nestle
  • Management Associate Program Ruangguru
  • Management Trainee Paragon dan Paragon Leader Development Program
  • Unilever Future Leaders Programme
  • Officer Development Program (biasanya di perusahaan perbankan)
  • Global Leaders Program Shopee
  • Great People Trainee Program (GPTP) Telkom Indonesia
  • Dan masih banyak lagi.

Proses atau tahapan rekrutmen Management Trainee di setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Misalnya, pada Management Associate Program Ruangguru, tahapannya adalah: mengisi form aplikasi online – interview HR secara online – aptitude test – virtual super challenge day – offering

Baca Juga  Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui Western Union

Di perusahaan lain, bisa jadi berbeda, mungkin ada yang psikotesnya sampai 2 tahap, ada FGD, ada MCU, dan tes lainnya.

Manfaat Management Trainee

Berikut adalah manfaat-manfaat lain dari management trainee yang sejalan dengan tugas dan tanggung jawabnya:

·         Dapat menilai, mengevaluasi dan menyaring calon manajemen yang berkualitas.

·         Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan terampil yang akan dipromosikan ke jenjang eksekutif perusahaan.

·         Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon manajerial.

·         Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan yang baku.

·         Pelatihan dan pengelolaan SDM di perusahaan.

·         Sarana peningkatan kemampuan manajemen.

·         Peningkatan produktivitas perusahaan. 

Tahapan

Jadi dalam melakukan perekrutan karyawan tiap tiap perusahaan mempunyai cara dan sistem tersendiri yang biasanya berbeda dengan yang lainnya. Namun biasanya semua mempunyai kesamaan. Perbedaan hanya pada tingkat kesulitan dalam tiap tahapnya. Sebagai Gambaran, ada 9 tahapan dalam rekruitmen karyawan.

Tahap 1 : Administrasi

Tahap ini merupakan tahap awal bagi seorang jobseeker dalam melakukan lamaran pekerjaan. Tahap 1 ini bisa diibaratkan sebagai “kunci” dalam memperoleh pekerjaan. Tahap 2 – Tahap 9 adalah pintu pintu yang harus dibuka oleh sebuah “kunci”. Jika tidak memiliki “kunci”, maka pintu – pintu tersebut tidak akan dibuka.

Administrasi biasanya berisi hal – hal berikut ini :

1. CV (Curiculum Vitae)
Buat CV sebagus dan seinformatif mungkin. Tonjolkanlah kemampuan dan personal branding anda dalam CV. Pastikan ketika orang melihat CV anda, dia langsung tertarik. Permainan warna boleh digunakan tapi sebaiknya jangan pilih warna – warna yang mencolok. Biru muda atau hijau muda saya sarankan untuk digunakan 

2. Pasfoto

     Berikan foto anda yang paling menarik dan yang menampilkan bahwa diri anda merupakan orang pilihan dan tepat untuk pekerjaan yang anda pilih. Dan yang terpenting, harus RAPI. Buat cowok minimal memakai jas, kalau cewek memakai blezer. Hindari foto foto yang tidak sopan, apalagi jika dua tangan anda ditaruh di bawah dagu dan dibiarkan terbuka…wowwww cherrybelle bangettttt!

3. Ijazah (kalau yang belum wisuda bisa memakai SKL)

Baca Juga  Cara Bayar Emas di Indogold

4. Transkip Nilai

5. Fotokopi KTP

6. Fotokopi Sertifikat (optional)

Tahap 2 : Psikotes

Pada tahapan ini anda akan mengerjakan beberapa soal yang berhubungan dengan diri anda, baik kemampuan motorik atau berhubungan dengan kepribadian anda. Anda tidak perlu takut karena semuanya bisa dipersiapkan dengan baik. Anda bisa googling tes – tes apa saja yang biasanya ada dalam psikotes. Tiap perusahaan berbeda dalam materi psikotes ini.

 Tahap 3 : Wawancara Psikolog

Beberapa perusahaan mempercayakan tes ini kepada pihak ke3 (HR Konsultan) untuk melakukan wawancara terhadap calon karyawannya. Yang perlu dipersiapkan adalah rasa percaya diri dan tenang. Pertanyaan bersumber dari CV yang anda sertakan sebelumnya.

Tips dari saya:

1.    Jangan pernah untuk tidak menatap mata pewawancara

2.    Berikan ekspresi bahwa anda benar – benar tertarik dengan pekerjaan anda

3.    Posisi duduk sopan

4.    Penampilan rapi

5.    Raut muka jangan tegang

6.    Berbicara apa adanya, jangan dibuat – buat

7.    Siapkan cerita tentang pengalaman organisasi anda

Tahap 4 : Wawancara HRD

Wawancara HRD hampir sama dengan wawancara psikolog. Bedanya adalah kalau wawancara HRD biasanya ditangani langsung oleh HRD perusahaan yang kita apply, sedangkan wawancara psikolog ditangani langsung oleh HR Consultant. Pertanyaan pada tahap 4 ini mirip dengan tahap 3. Tetapi biasanya pada tahap ini pertanyaan lebih terfokus pada alasan kenapa apply pada posisi yang anda lamar dan sejauh mana anda tahu tentang perusahaan.

 Tahap 5 : Wawancara User

Siapa user? User adalah orang yang akan secara langsung memakai jasa kita. Misalnya kita melamar posisi sebagai seorang sales marketing, maka user anda atau orang yang mewawancarai anda adalah manajer marketing. Jadi pada tahap ini hal yang harus anda persiapkan adalah pengetahuan tentang posisi yang anda lamar, termasuk juga alasan yang kuat kenapa anda memilih posisi tersebut.

Tips dari saya :

1.    Pelajari terlebih dahulu tentang perusahaan yang anda lamar

2.    Pelajari materi berkaitan dengan posisi yang anda lamar

3.    Temukan alasan kenapa anda cocok dengan posisi tersebut

4.    Belajar skripsi/TA anda. Hal ini kerap menjadi pertanyaan

5.    Penampilan rapi. Buat pewawancara anda terkesan dengan anda

Tahap 6 : Wawancara BOD (Boss of Director)

Jika sampai tahap ini berarti anda tinggal selangkah lagi untuk menggapai posisi yang anda inginkan. Pada tahap ini anda akan diwawancarai oleh Direksi perusahaan langsung. Tentu suatu kehormatan besar bagi anda jika dapat bertemu dengan orang penting yang nantinya akan menjadi boss anda. Siapkan diri anda semaksimal mungkin karena tahap ini adalah tahap penentu keberhasilan lamaran pekerjaan anda.

Baca Juga  70+ Inspirasi Logo Hotel, Villa, Resort Terbaru

Tips dari saya :

1.    Penampilan rapi. Buat pewawancara anda terkesan dengan anda.

2.    Temukan alasan kenapa anda cocok dengan posisi tersebut.

3.    Jika diminta menceritakan kegagalan anda, ceritakanlah peristiwa ketika anda benar benar gagal namun anda dapat melaluinya. Buat pewawancara terkesan dengan jawaban anda

4.    Jika diminta menceritakan keberhasilan anda, ceritakanlah peristiwa yang membuat anda benar benar merasa berhasil, tentunya kaitkan dengan posisi yang anda lamar. Misalnya : marketing >> mendapatkan sponsor dalam jumlah besar

5.    Tunjukkan antusias anda pada setiap pertanyaan yang diberikan

Tahap 7 : Medical Check Up

Selamaaaatttt,,,,,,, selangkah lagi..dekat sekali dengan posisi yang anda inginkan. Jika anda sehat, tidak mempunyai penyakit, anda boleh berlega hati karena hasil medcheck boleh dibilang bagus. Bagi yang mempunyai masalah, masih ada waktu untuk memperbaiki, dan paling penting adalah banyak banyak berdoa

Tahap 8 : Sign Kontrak

Selamaaaaaatt….anda sudah diterima menjadi karyawan di perusahaan yang anda lamar. Pada tahap ini baca baik baik surat kerjasama / kontrak yang akan anda tanda tangani. Salah membaca bisa berakibat fatal. Saran dari saya, baca dengan telitii terutama masalah hak dan kewajiban. Oh iyaa….anda juga akan membahas mengenai gaji yang nantinya akan anda dapatkan. Sebelumnya anda wajib mengetahui dulu kira2 standar gaji di perusahaan anda itu berapa 

Tahap 9 : Training + Kerja 

Baiklaaahhh…panjang lebar sekali saya menjelaskannya. Semoga berguna bagi anda semuaa para jobseeker jobseeker.. hehehehe
Yang paling penting dan tidak boleh anda lupakan adalah faktor keberuntungan dan kuasa Tuhan. Jadi perbanyaklah beribadah, berdoa, dan bersedekah. Tanpa hal tersebut usaha anda akan sia – sia. Kita tidak tau apa yang akan terjadi setelahnya….

Penutup

Nominal tersebut merupakan nominal rata-rata berdasarkan data yang kami terima. Hal itu karena ada aneka faktor penentu gaji yang menyebabkan adanya perbedaan.