Penyebab Mesin Vespa Muncul Suara Ngelitik

Penyebab Mesin Vespa Muncul Suara Ngelitik – Baik pecinta motor atau bukan, pasti semua mengenal motor merek Vespa. Apalagi pecinta motor klasik. Motor Vespa adalah kendaraan yang patut dimiliki. Motor Vespa memang unik dan ikonik, ia telah ada sejak lama dan hingga kini. Memperbaiki Dek Vespa yang Keropos

Modelnya pun bermacam, dan pecintanya pun juga menyenangi model Vespa tertentu. Dari pecinta Vespa Klasik hingga Modern dengan mode mesin Matic, dan dari Vespa Rosok hingga yang kinclong.. Semua berkumpul menjadi satu dibawah panji “Anak Vespa”.Memperbaiki Dek Vespa yang Keropos

Tentang Vespa

Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi

Penyebab Mesin Vespa Muncul Suara Ngelitik

1. Piston haus

 
Piston atau seher itu ada masa pakainya, bagusnya vespa 1 tahun sekali ganti seher (tapi tetap tergantng pemakaian). Jika dirasa tenaga vespa sudah loyo, gak kuat nanjak dan suara mesin kasar sebaiknya ganti piston.
 
Piston yang sudah haus bakalan menggesek bagian cylinder liner, karena sudah haus jadi terbentuklah sebuah gap (celah) antara piston dengan cylinder.
 
Itulah yang menyebabkan mesin vespa ngelitik dan kasar.
 

2. Ring piston tidak sesuai

 
Nah ada beberapa kemungkinan montir salah pasang ring piston vespa, karena ring piston vespa terbagi jadi 2. Ada yang besar dan ada yang kecil, biasanya di Indonesia montir sering memodifikasi ring piston.
 
Dengan tujuan hemat biaya, ring piston di modifikasi dengan cara di ganjal menggunakan seng atau bahan lainnya.
 
Itu adalah hal yang sangat berbahaya, dan pasti membuat mesin vespa ngelitik. Padahal kalau beli, ring piston itu harganya murah lho! Antara 20 – 50 ribu saja kok!
 

3. Stang piston tidak center

 
Jika stang piston tidak center, mesin akan terasa lebih bergetar walaupun kondisi vespa sedang langsam. Suara mesin yang ditimbulkan akan lebih kasar dari biasanya, langsam akan terasa tidak enak.
 
Kalau vespa kamu punya masalah seputar stang seher, siapkan biaya yang cukup minimal 200 ribu untuk pergi ke bengkel karena harus bedah mesin.

Belum lagi biaya untuk membeli stang piston yang baru atau memperbaikinya (re-center / balancing).

Penutup

Itulah penjelasan lengkap dari Jaka buat kamu yang pengen jadi mitra ojek online dan merchant Maxim terbaru 2022. Ini bisa menjadi peluang baru buat kamu untuk meningkatkan penghasilan lewat layanan transportasi online dari Maxim.

Baca Juga  Cara Pasang Piston/Seher Vespa

Tinggalkan komentar