Cara Memunculkan Shopee Paylater Untuk Berbelanja

Shopee Paylater atau SPaylater bisa kita pergunakan untuk belanja di aplikasi Shopee. Namun tidak semua pengguna shopee diberikan kesempatan untuk menggunakan fitur ini. Lantas, bagaimana cara memunculkan shopee paylater?.

Jika ditanya syarat pasti, maka Shopee sendiri sejauh ini belum pernah memberikan syarat pasti. Tidak ada patokan apa saja yang harus kita lakukan untuk bisa memunculkan fitur shopee paylater tersebut. Namun tentu saja ada trik agar fitur tersebut muncul pada aplikasi shopee kita.

Namun para pengguna perlu menyadari, jika menggunakan shopee paylater bukanlah tanpa biaya. Dalam artikel terdahulu, saya sudah pernah membahas mengenai resiko dan kerugian menggunakan shopee paylater.

Salah satu tantangan terbesar ketika kita sudah mengaktifkan shopee paylater adalah keinginan sendiri. Dikarenakan limit masih ada, terkadang kita tidak mampu mengontrol diri dan sesuka hati berbelanja dengan menggunakan metode pembayaran shopee paylater.

Alhasil, tagihan menumpuk tanpa bisa kita pertimbangkan dan rencanakan bagaimana kita akan membayar tagihan tersebut. Untuk pilihan beli sekarang bayar nanti, shopee memang hanya membebankan bunga sebesar minimal 2.95%. Namun jika mengalami keterlambatan pembayaran, maka akan denda 5%.

Bagaimana Cara Memunculkan Shopee Paylater

Aktivasi Shopee Paylater
Aktivasi Shopee Paylater

Fitur shopee paylater bisa kita temukan di dashboard aplikasi kita di bagian tab “saya”. Jika anda tidak bisa menemukan fitur SPaylater disana, maka berarti anda masih belum layak mendapatkan fitur ini, setidaknya menurut pertimbangan shopee sendiri.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Kapasitas Size Maksimum Upload File Wordpress

Jika Shopee memberikan kesempatan untuk mengaktifkan shopee paylater, limit yang akan kita terima juga bisa saja berbeda dengan pengguna lainnya. Semuanya itu berdasarkan keputusan shopee, tentunya dengan melihat track record akun shopee kita.

Namun bagaimana jika fitur shopee paylater masih belum muncul?. Tenang saja, anda bisa terlebih dahulu memenuhi beberapa hal di bawah ini agar memiliki kesempatan untuk mendapatkan fitur tersebut.

1. ShopeePay Plus

ShopeePay Plus
ShopeePay Plus

ShopeePay adalah dompet digital khusus shopee yang bisa kita pergunakan untuk belanja. Saat pertama kali mengaktifkan shopeepay, maka status keikutsertaan kita masih terhitung anggota biasa dan shopee masih membatasi banyak fitur.

Jika demikian, maka anda harus terlebih dahulu melakukan upgrade menjadi ShopeePay Plus. Dengan cara ini, maka kesempatan anda untuk mendapatkan fitur shopee paylater akan lebih memungkinkan.

Bagaimana cara mengupgrade shopeepay?, sangat mudah. Anda tinggal memverifikasi KTP saja, maka shopeepay anda akan berubah menjadi shopeepay Plus. Anda pun bisa dengan bebas melakukan penarikan saldo ke atm dan kesempatan untuk memunculkan shopee paylater.

2. Memunculkan Shopee Paylater dengan Verifikasi

Walaupun sama – sama berada dalam satu aplikasi, namun database yang terdapat pada shopeepay plus berbeda dengan database shopee. Jadi, anda juga harus melakukan verifikasi identitas diri di akun shopee anda.

Dengan demikian, maka kemungkinan untuk memunculkan fitur shopee paylater akan lebih besar. Verifikasi akun ini memberikan shopee gambaran jika akun anda memang benar milik seseorang dengan identitas resmi.

3. Berusia Minimal 17 Tahun

Dalam dunia pinjam meminjam digital, seseorang dengan usia dibawah 17 tahun tentu saja tidak akan mendapat persetujuan. Maka dari itu, platform shopee juga mewajibkan para pemilik akun untuk setidaknya harus berusia minimal 17 tahun.

Baca Juga  Cara Mengamankan Wordpress

Darimana shoepe bisa mengetahui jika pemilik akun sudah berusia 17 tahun keatas?. Tentu saja dari verifikasi data akun yang sudah kita lakukan. Disana terdapat beberapa kolom informasi yang bisa kita berikan.

4. Memberikan KTP

KTP
KTP

Untuk lebih meyakinkan shopee bahwa anda sudah berusia minimal 17 tahun, maka anda juga harus melampirkan KTP pada saat verifikasi identitas diri. Ini bertujuan agar shopee mendapatkan identitas anda yang resmi dan bisa melakukan verifikasi lebih lanjut.

Berdasarkan identitas KTP yang anda berikan, shopee bisa melacak apakah anda pernah menunggak atau gagal bayar pada pinjaman resmi lainnya. Jika tidak, maka anda akan berkesempatan untuk mendapatkan fitur shopee paylater.

5. Cara Memunculkan Shopee Paylater dengan Cara Aktif

Bagaimanapun juga, anda harus aktif dalam menggunakan aplikasi shopee. Jika anda hanya mendaftar saja, lalu kemudian tidak pernah membuka aplikasi shopee dan belanja disana, jangan pernah berharap untuk bisa memunculkan fitur shopee paylater.

Shopee menilai para pemilik akun salah satunya berdasarkan aktif atau tidaknya akun. Anda pun bisa meningkatkan belanja di shopee. Bisa berbelanja produk fisik ataupun sekedar mengisi pulsa, token pln, membayar tagihan, dan lain sejenisnya.

6. Usia Akun Shopee

Akun shopee anda setidaknya harus sudah berusia 3 bulan dan aktif melakukan transaksi. Anda bisa saja melakukan verifikasi identitas diri dengan sesegera mungkin. Melakukan upgrade shopeepay menjadi shopeepay plus juga dengan secepat mungkin.

Namun jika akun anda masih hitungan minggu, tentu saja shopee akan menolak untuk memberikan fitur shopee paylater. Shopee harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana rekam jejak pemilik akun dalam menggunakan aplikasi shopee.

7. Transaksi dan Status Member

Transaksi
Transaksi

Mengapa transaksi dan status member saya gabungkan menjadi 1 poin?, karena keduanya berhubungan dan sangat erat. Dengan meningkatkan jumlah transaksi, maka anda juga sedang meningkatkan status member.

Baca Juga  Cara Jadi Dropshipper di Marketplace Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak

Pada akun shopee memang ada istilah status member untuk semua akun. Mulai dari Classic, Silver, Gold, dan Platinum. Semakin banyak transaksi yang berhasil anda lakukan, maka status member anda juga akan semakin naik.

Untuk yang masih berstatus Classic, tentu tidak akan pernah menerima fitur shopee paylater. Saya sendiri bisa memunculkan shopee paylater setelah naik status menjadi member Silver.

Kesimpulan Cara Memunculkan Shopee Paylater

Bagaimanapun juga, shopee sudah memiliki penilaian tersendiri untuk bisa menentukan seorang pemilik akun itu apakah pantas atau tidak untuk diberikan kesempatan untuk mendapatkan shopee paylater.

Ada berbagai hal yang menjadi patokan, sekalipun tidak diumumkan langsung. Namun dengan mengikuti cara – cara diatas, maka seharusnya tidak akan susah bagi anda untuk memunculkan fitur spaylater.

Walaupun tentu saja, limit yang bisa kita miliki tetap berbeda – beda, tergantung dari track record pemilik akun. Saya sendiri pada saat iseng mengaktifkan fitur shopee paylater, mendapatkan limit sebesar Rp. 2.7 Juta. Namun tentu saja saya tidak mau gegabah untuk menggunakan limit tersebut dalam berbelanja.

Akhir kata, tetaplah bijak dan penuh perhitungan sekalipun akhirnya anda bisa memunculkan shopee paylater. Jangan sampai semua limit yang tersedia anda habiskan untuk berbelanja, namun kemudian harus kesusahan untuk melakukan pelunasan tagihan.

Tinggalkan komentar