Cara Screenshot Windows 10 Dengan Keyboard

Mempelajari cara screenshot di Windows 10 menggunakan keyboard adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Anda mungkin terus-menerus mengambil tangkapan layar untuk pekerjaan Anda atau hanya ingin berbagi sesuatu yang lucu atau bermakna dengan teman dan keluarga. Apapun itu, kami dapat membantu Anda menguasai cara ini. Baik Anda menggunakan Windows 11 atau versi sistem operasi yang lebih lama, tidak perlu khawatir. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Cara screenshot di laptop Windows 10 biasanya tidak membutuhkan banyak langkah. Menekan tombol Print Screen pada keyboard Anda adalah cara termudah dan tercepat untuk melakukannya. Namun, ada cara lain untuk mengambil tangkapan layar dan untuk tujuan yang berbeda, apakah Anda hanya memerlukan jendela tertentu atau ingin melakukan tangkapan layar bentuk bebas. Untuk setiap proses, langkahnya mungkin sedikit berbeda tetapi tetap sederhana.

Lebih mudah lagi jika Anda menggunakan mesin dari Apple. Lihat saja panduan kami untuk mengambil tangkapan layar di Mac jika Anda memerlukan bantuan.

Pertama, cari tombol Print Screen Anda

Keyboard yang anda miliki harus ada tombol Print Screen, dan mudah ditemukan. Cari icon kunci, biasanya terdapat di suatu tempat di bagian kanan atas keyboard Anda, dengan “Print Screen” di atasnya. pada beberapa keyboard biasanya ditulis dalam singkatan, seperti “PrtSc” atau mungkin fungsi sekunder dari sebuah tombol. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan tombol “Fn” pada keyboard Anda untuk menggunakannya.

Setelah Anda mengetahui tombol Print Screen Anda dan apakah Anda perlu menekan tombol “Fn” untuk menggunakannya, dan anda sudah bisa menangkap layar laptop anda.

Cara screenshot di Windows dengan Print Screen

Dengan tombol Print Screen pada keyboard Anda, Anda dapat mengambil screenshot layar penuh Anda atau menangkap jendela aktif.

  1. Mengambil screenshot layar penuh
    Tekan tombol Print Screen. Ini akan langsung mengambil tangkapan layar dari seluruh tampilan (termasuk desktop tambahan yang tersedia). Tangkapan layar ditambahkan ke papan klip Anda sehingga Anda dapat menempelkannya di tempat lain dan secara otomatis disimpan di folder Tangkapan Layar Anda.
  2. Mengambil screenshot dari jendela yang aktif
    Untuk menangkap hanya jendela aktif Anda, tekan Alt + Print Screen sebagai gantinya. Ini akan mengambil tangkapan layar hanya dari jendela yang aktif – jadi, jika Anda memiliki beberapa jendela yang terbuka, pastikan untuk memilih jendela tertentu yang ingin Anda ambil untuk membuatnya aktif. Seperti halnya tangkapan layar, layar penuh. ini ditambahkan ke papan klip Anda dan secara otomatis disimpan di folder Tangkapan Layar Anda.
  3. Tempel hasil screenshot di tempat yang Anda inginkan.
    Setelah mengambil screenshot, tangkapan layar itu ditambahkan ke papan klip Anda, memungkinkan Anda dengan cepat menempelkannya ke beberapa aplikasi. Anda dapat menempelkannya secara langsung ke editor gambar seperti Paint 3D untuk mengedit dan menyimpan hasil tangkapan layar tersebut. Atau, Anda dapat membagikannya dengan teman atau kolega dengan menempelkan gambar ke obrolan atau email.
Baca Juga  Cara Membuat SIM Online Tanpa Tes Apa Bisa ?

Itu saja ketika Anda hanya perlu satu cara untuk membagikan apa yang ada di layar Anda dengan cepat. Namun, ada cara yang lebih canggih untuk screenshot di laptop dan PC.

Cara menangkap bagian layar Anda

Jika Anda lebih suka sedikit lebih detail atau bagian tertentu dengan tangkapan layar, Windows 10 memiliki beberapa alat untuk membantu Anda dalam hal ini. Microsoft telah meluncurkan aplikasi ini yang disebut Snip & Sketch, menggantikan Snipping Tool lama, dan memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan beberapa cara berbeda, serta mengedit dan memberi anotasi pada tangkapan layar tersebut.

Snip & Sketch memberi Anda opsi untuk mengambil tangkapan layar sekarang atau dalam beberapa detik, jika Anda perlu waktu untuk mempersiapkannya. Selain itu, ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit, memotong, dan membubuhi keterangan tangkapan layar yang ada, bahkan yang belum Anda ambil dengan aplikasi.

Untuk menggunakan aplikasi Snip & Sketch, cukup ketik “Snip & Sketch” ke dalam bilah pencarian Windows 10 untuk menemukan aplikasi dan meluncurkannya.

  1. Mengambil tangkapan layar dari area tertentu
    Untuk mengambil tangkapan layar dari bagian layar yang ingin Anda tangkap, klik “Baru” dan pilih kapan Anda ingin mengambil tangkapan layar. Jika Anda memilih “Snip now,” layar Anda akan menjadi gelap dan kursor mouse Anda akan berubah menjadi crosshair.

Cukup posisikan mouse Anda ke sudut area yang ingin Anda tangkap, klik, tahan, dan seret hingga seluruh area dipilih lalu lepaskan.

Seperti teknik tangkapan layar pertama yang kami bahas, metode ini menangkap tangkapan layar dan menambahkannya ke papan klip Anda. Snip & Sketch juga akan segera menampilkan tangkapan layar baru Anda di dalam aplikasi. Di sana, Anda dapat mengedit tangkapan layar baru, memberi anotasi, dan menyimpannya sebagai file.

  1. Mengambil tangkapan layar bentuk bebas
    Anda juga dapat Mengambil tangkapan layar bentuk bebas. Untuk melakukanya, klik “Baru” dan pilih Bentuk Bebas dari tombol di bagian atas layar pengambilan. Sama seperti langkah di atas, cukup posisikan mouse Anda ke sudut area yang ingin Anda tangkap, klik, tahan dan seret hingga seluruh area dipilih lalu lepaskan.
Baca Juga  Cara Mendownload Sorotan IG Sendiri Tanpa Aplikasi

Metode ini juga menambahkan tangkapan layar Anda ke clipboard dan menampilkannya di aplikasi Snip & Sketch.

  1. Mengambil tangkapan layar dari Jendela
    Aplikasi Snip & Sketch juga memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dengan cepat dari jendela tertentu, bahkan yang tidak aktif. Untuk melakukannya, klik “Baru” dan pilih opsi Windows Snip dari bilah alat di bagian atas. Jika Anda memiliki beberapa jendela yang terbuka, cukup sorot jendela yang ingin Anda ambil dengan penunjuk tetikus dan klik.

Ingatlah bahwa jika Anda memiliki jendela bertingkat atau bertumpuk, Anda masih dapat menyorot dan memilih jendela di belakang jendela pertama untuk mengambil tangkapan layarnya. Namun, tidak seperti Mac, Windows 10 tidak mengambil tangkapan layar seperti yang terlihat jika itu adalah jendela yang aktif. Sebagai gantinya, itu juga menangkap bagian dari jendela yang sedang terbuka yang menghalanginya, menghasilkan tangkapan layar yang tampak keren.

Sebelum menggunakan alat ini, pastikan jendela yang ingin Anda tangkap tidak terhalang oleh menu pop up lainya.

  1. Pintasan Snip & Sketsa
    Jika Anda ingin mengambil screenshot ekstra cepat dengan Snip & Sketch, beberapa versi Windows 10 yang lebih baru (Pembaruan Pembuat dan yang lebih baru) menggunakan pintasan keyboard Shift + Tombol Windows + S untuk langsung masuk ke mode pengambilan.