Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10

Untuk menjawab pertanyaan seperti “Di mana tangkapan layar saya di Windows 10?” atau “Di mana hasil screenshot di laptop Windows 10?”, Anda harus memahami dahulu ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di komputer atau perangkat Anda. Tangkapan layar (juga disebut screenshot oleh beberapa orang) disimpan ke clipboard Anda atau di lokasi default, dan Anda dapat dengan mudah mengubah folder screenshot Windows 10. Jika Anda ingin tahu di mana tangkapan layar disimpan di Windows 10 dan mempelajari cara mengubah lokasi default, baca panduan ini:

Cara mengubah lokasi folder Screenshot Windows 10

Pergi ke C:\Users\your_name\Pictures\Screenshots, di mana “your_name” adalah nama akun pengguna Anda.
Klik kanan pada Screenshot untuk membuka menu kontekstual dan pilih Properties.
Akses tab Lokasi, dan Anda dapat melihat jalur yang ada ke folder Tangkapan Layar Anda.
Untuk mengubah tujuan Screenshot Anda di Windows 10, klik atau ketuk tombol Pindahkan.
Jelajahi komputer atau perangkat Windows 10 Anda hingga Anda menemukan folder yang Anda buat untuk tangkapan layar, klik atau ketuk untuk memilihnya, lalu tekan tombol Pilih Folder.
Klik atau ketuk OK atau Terapkan.
Konfirmasikan pilihan Anda.

Di mana letaknya hasil Screenshot Windows 10?
Di Windows 10, ada lebih dari satu cara untuk menangkap layar, dan Anda harus memperhitungkannya saat mencoba mencari tahu di mana tangkapan layar disimpan.

Dalam beberapa kasus, layar cetak masuk ke clipboard Anda, dan Anda harus menempelkan tangkapan layar ke program pengeditan gambar seperti Paint sebelum menyimpannya di tempat lain. Lokasi default yang disarankan oleh Paint untuk menyimpan gambar adalah this PC, tetapi Anda dapat menelusuri dan memilih yang berbeda saat menyimpan tangkapan layar.

Jika Anda menggunakan Snip & Sketch untuk mengambil tangkapan layar, aplikasi akan menyarankan folder unduhan saat Anda menyimpan hasilnya, tetapi Anda dapat memilih lokasi lain.

Namun, ada cara lain yang lebih nyaman untuk mengambil tangkapan layar, yang awalnya diperkenalkan di Windows 8. Ini menyimpan hasil secara otomatis dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Untuk menggunakannya, tekan Windows + Print Screen secara bersamaan di keyboard Anda.

Baca Juga  Cara Memasang dan Menggunakan Grammarly di Google Documents

Meskipun pintasan keyboard ini mudah, tapi kita tidak tau dimana letak hasil screenshot Windows 10. Semua tangkapan layar yang Anda ambil tanpa menggunakan alat lain disimpan dalam folder default yang sama, yang disebut screenshot. Anda harus dapat menemukannya dengan mengakses Gambar di dalam folder pengguna Anda.

PENTING: Folder Screenshots dibuat hanya setelah Anda mengambil screenshot pertama Anda menggunakan metode di atas.

Jika Anda tidak mengubah lokasi default folder pengguna Pictures Anda, jalur ke folder Screenshots adalah “C:\Users\your_name\Pictures\Screenshots” – di mana “your_name” adalah nama akun pengguna Windows 10 Anda, seperti yang terlihat di atas.

Atau, Anda juga dapat memilih lokasi Gambar dari panel Navigasi Akses Cepat untuk membuka folder tempat tangkapan layar disimpan.

Meskipun lokasi ini mungkin mudah di cari bagi kebanyakan orang, tapi ada situasi di mana Anda mungkin ingin mengubahnya.

Cara mengubah lokasi folder Screenshot Windows 10

Jika Anda menggunakan tombol Windows + Print untuk menangkap layar dan hasilnya ingin disimpan ke lokasi lain, Anda harus terlebih dahulu membuat folder baru untuk tangkapan layar Anda. Folder apapun yang anda inginkan di PC Windows 10 Anda, ganti namanya menjadi Screenshot segera setelah Anda menjadikannya lokasi default untuk tangkapan layar otomatis Anda. Namun, Anda dapat mengubah namanya setelah itu.

Kemudian, akses Properties folder Screenshots yang ditemukan di Pictures (“C:\Users\your_name\Pictures\Screenshots”). Klik kanan atau tekan dan tahan pada Screenshot untuk membuka menu dan tekan Properties.

Akses tab Lokasi, dan Anda dapat melihat jalur yang ada ke folder Tangkapan Layar Anda. Untuk mengubah tujuan layar cetak Anda di Windows 10, klik atau ketuk tombol Pindahkan.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Printer Epson l360 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Ini akan membuka jendela “Pilih Tujuan”. Jelajahi komputer atau perangkat Windows 10 Anda hingga Anda menemukan folder yang Anda buat untuk tangkapan layar, klik atau ketuk untuk memilihnya, lalu tekan tombol Pilih Folder.

Kembali ke jendela Screenshots Properties, Anda akan melihat jalur baru yang Anda pilih untuk folder Screenshots. Klik atau ketuk OK atau Terapkan.

Windows 10 menanyakan apakah Anda ingin memindahkan semua tangkapan layar dari lokasi lama ke yang baru. Pilih Ya, dan semua tangkapan layar lama Anda dipindahkan ke folder Tangkapan Layar baru. Semua tangkapan layar yang Anda ambil mulai sekarang akan disimpan di lokasi baru.

Bergantung pada berapa banyak tangkapan layar yang telah Anda buat sejauh ini, proses pemindahan mungkin memakan waktu cukup lama. Setelah selesai, folder Screenshots asli menghilang dari Pictures. Anda dapat melihat folder baru yang Anda pilih sebagai default diubah namanya menjadi Tangkapan Layar.

Folder Tangkapan Layar diubah hanya untuk akun pengguna saat ini. Ulangi prosedur ini untuk setiap akun yang folder Tangkapan Layarnya ingin Anda pindahkan.

PENTING: Sangat penting untuk tidak memindahkan lokasi folder Screenshot ke folder sistem lain, seperti langsung ke Desktop. Jika Anda melakukannya, Anda tidak dapat mengarahkan ulang nanti, seperti yang dijelaskan dalam Cara mengubah lokasi folder pengguna di Windows 10.

Apakah Anda ingin cara yang lebih mudah untuk menemukan Screenshot di Windows 10?

Menemukan lokasi Screenshot Windows 10 Anda seharusnya tidak begitu sulit. Tentu, pada akhirnya Anda akan menemukannya, tetapi kami berharap ada cara yang lebih mudah bagi kalian untuk mengetahui di mana setiap Screenshot disimpan. Misalnya, jika Anda menggunakan VLC untuk merekam video, lokasinya langsung ditampilkan di layar. Kami ingin melihat Microsoft melakukan hal serupa atau setidaknya Windows 10 menampilkan pemberitahuan tentang lokasi Screenshot. Apa pendapat Anda? Apakah Anda lebih suka cara yang lebih sederhana untuk menemukan tangkapan layar di Windows 10? Beri tahu kami di komentar.

Baca Juga  Perbedaan iPhone X dan XS Secara Fisik
close