Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan NamaNIK adalah kepanjangan dari Nomor Induk Kependudukan. Serangkaian angka unik ini terdapat pada KTP atau Kartu Keluarga. Angka unik itu terdiri dari 16 digit untuk setiap orangnya dan setiap orang atau keluarga mempunyai angka yang berbeda.

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu identitas yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara indonesia yang telah memenuhi syarat. Selain warga negara indonesia(WNI), warga negara asing(WNA) juga wajib memiliki kartu tanda identitas ini bilamana memiliki izin tinggal tetap(ITAP) yang sudah berusia 17 tahun ataupun yang sudah pernah menikah.

NIK terdiri dari kombinasi angka yang berbeda untuk setiap pemiliknya. kombinasi angka ini bukan suatu kombinasi acak, namun angka ini memiliki arti tertentu. Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama tidak sesulit yang anda bayangkan. anda dapat mengikuti panduan yang akan kami berikan. tapi sebelum itu kami akan memberikan keterangan dan penyusunan angka-angka yang ada pada NIK KTP. Berikut ini contoh bagaimana cara penyususan kode NIK.

  • 2 digit awal merupakan kode provinsi
  • 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten
  • 2 digit selanjutnya untuk kode kecamatan
  • 6 digit sesudahnya merupakan kode untuk tanggal lahir dalam format hhbbtt(untuk tanggal ditambah 40)
  • 4 digit terahkir merupakan nomor urut seseorang yang memiliki tanggal lahir yang sama dalam satu kecamatan, dimulai dari 0001.

Cek NIK E- KTP

1. Melalui Situs Resmi

Dikutip dari situs resmi Dukcapil Kemendagri, bahwa beberapa waktu lalu beredar informasi mengenai cara mencari NIK berdasarkan nama dapat dilakukan secara online. Mencari NIK dengan menggunakan nama secara online berguna untuk mengetahui apakah NIK ini asli atau palsu.

Baca Juga  8+ Aplikasi yang Membuat Foto Menjadi HD

Hal ini karena maraknya penipuan dengan menggunakan KTP palsu. Berdasakan informasi tersebut untuk mengecek NIK KTP secara online dapat dilakukan melalui website resmi dukcapil.kemendagri.co.di.

Agar terhindar dari penipuan kita perlu mengecek keaslian data diri seseorang. apa bila dia menjaminkan KTP, kita harus mengecek KTP tersebut. apakah Valid atau tidak datanya. untuk mengeceknya anda dapat mengikuti Cara melihat KTP orang lain di internet melalui situs resmi https://dukcapil.kemendagri.go.id/.

Setelah masuk ke situs tersebut anda cari menu E- KTP dan masukan NIK yang ada. jika nomor KTP tersebut valid atau asli dan terdaftar anda akan di arahkan ke tampilan data lengkap Seperti Nama, tanggal lahir sesuai dengan KTP.

2. Melalui SMS

Cara mengetahui NIK KTP seseorang dengan SMS anda dapat mengirim sms dengan format Cek#KTP#NIK lalu kirimkan ke nomor disdukcapil Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) di nomor 0815-3636-9999.

3. Melalui Email

Cara mencari nik ktp berdasarkan nama dan tanggal lahir bisa anda coba dengan mengirimkan email ke [email protected] dengan format NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Tunggu hingga 1×24 jam untuk mendapatkan balasan untuk mengetahui pengecekan NIK

4. Melalui Call Center Dukcapil

Cara lebih mudah mencari nik ktp berdasarkan nama, anda dapat menghubungi Call Center Duckcapil di nomor Telepon 1500-537. Jika anda ingin mengecek NIK. anda harus menyiapkan data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Apa bila sudah tersambung dengan petugas dukcapil nantinya anda akan di minta untuk menyebutkan nomor kk dan Ktp untuk mencocokan apakah data tersebut valid atau tidak.

5. Melalui WhatsApp

Kami rasa anda telah memiliki aplikasi ini. lalu bagaimana cek nik ktp menggunakan whatsapp? mudah kok kamu hanya kirim pesan singkat ke nomor 0815-3636-9999 dengan format Cek#KTP#NIK. disdukcapil Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) akan segera merespon pesan mu .

Baca Juga  Cari jodoh via whatsapp

6. Media Sosial

Selain melalui whatsapp anda dapat cek NIK ktp melalui media sosial Dukcapil yaitu Twitter, Instagram (@dukcapilkemendagri) dan facebook.

7. Melalui Aplikasi Cek KTP

Aplikasi cara mencari NIK KTP berdasarkan nama bisa anda unduh di playstore. aplikasi ini lumayan membantu anda untuk mengetahui nik ktp seseorang atau nomor ktp anda sendiri.

Itulah beberapa Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama yang bisa kalian coba untuk cek ktp tersebut asli atau palsu. semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda. jangan lupa bagikan ke sosial media anda jika artikel ini bermanfaat.