3 Aplikasi Translate Bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia Untuk Android Terbaik

Translate Bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia – Di era modern semuanya semakin mudah di cari dengan adanya internet dan mesin pencarian google memudahkan kita untuk mencari suatu informasi baik itu berita, pelajaran, lowongan kerja, jual beli online dan lain sebagainya.

Jika kamu seorang pelajar atau sedang belajar bahasa daerah lampung di sini kami akan memberikan rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Lampung ke Indonesia yang dapat kamu download di play store. ukuran aplikasi tersebut tidak terlalu besar jadi kamu tidak perlu khawatir.

Aplikasi Translate Bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia Lengkap

3 Aplikasi Translate Bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia
Menara Siger Lampung, Pelabuhan  Bakauheni

Dalam penggunaan bahasa di suku lampung terdapat 2 atau 3 ragam bahasa yaitu: Lampung Api (bisa disebut Pesisir atau dialek A) yang biaasanya lebih sering dipakai oleh masyarakat di sepanjang pesisir selatan dan pesisir barat, Lampung Nyo (sering disebut Abung atau dialek O), dan Komering. akan tetapi komering sering di sebut bahasa yang berdiri sendiri, jadi tidak terlalu mau di akui sebagai bahasa lampung yang berdialek A. dari kebanyakan orang komering mereka tidak mau dianggap bagian dari suku lampung karena mereka berbeda. walaupun masih berkerabat sangat dekat.

Meski Bahasa daerah ini adalah bahasa yang sering digunakan sehari-hari tapi pemerintah Provinsi Lampung Khawatir akan penurunan penggunaan bahasa daerahnya di Lampung sendiri, karena dengan kemajuanya jaman banyak anak-anak sampai yang dewasa malas untuk belajar Bahasa Untuk itu pemerintah daerah setempat membuat kebijakan pengajaran bahasa dan aksara Lampung di sekolah-sekolah pada tingkat SD, Menengah di provinsi tersebut.

Baca Juga  Mod inDriver Sortir 50k Dan Sortir 20k Terbaru

Mengenal Dialek Bahasa Lampung

Sebelum mencoba Aplikasi terjemahan bahasa lampung ada baiknya kita mengenal tentang dialek yang terdapat di Provinsi Lampung, Terdapat Dua dialek yang benar-benar di akui oleh suku lampung itu sendiri. yaitu Dialek A dan Dialek O. lahirnya pengucapan ini di karenakan perbedaan pengucapan di akhir yang akhirnya membuat sebuah dialek. untuk lebih tau seperti apa 2 dialek tersebut lihat pembahasan di bawah ini.

Dialek A Bahasa Lampung

  • Krui/Belalau, Pesisir Selatan (Yang meliputi kecamatan Pesisir Selatan & Bengkunat)
  • Pubian (Di bagian barat dan tengah Kabupaten Lampung Tengah)
  • Way Kanan, Ranau (bagian selatanOKU Selatan)
  • Sungkai (bagian utara Kabupaten Lampung Utara)

Dialek ini biasanya digunakan di beberapa daerah, jadi tidak semua di lampung menggunakan dialek yang sama. berikut ini kota yang menggunakan Bahasa Lampung dengan dialek A.

Dialek O Bahasa Lampung

  • Abung (Wilayah yang memaka dialek A ini meliputi Wilayah bagian timur dari Kabupaten Lampung Utara)
  • Tulangbawang.(dialek ini dipakai diwilayah seluruh Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang, dan bagian tengah dan timur dari Kabupaten Lampung Tengah; termasuk juga didalamnya Seputih Raman dan Bandar Surabaya)
  • Sukadana (dialek ini dipakai diwilayah bagian barat dan utara dari Kabupaten Lampung Timur; termasuk didalamnya kawasan Sekampung dan sekitarnya. Dialek A ini merupakan dialek asli yang digunakan dari suku Lampung yang tinggal di Kota Metro)
  • Melinting (dialek ini dipakai diwilayah bagian timur, selatan dan tenggara dari Kabupaten Lampung Timur; khususnya kawasan Labuhan Maringgai dan sekitarnya)

Karena masyarakat di provinsi ini dibagi dalam dua suku begitu pula tutur bahasa atau dialeknya. untuk dialek O sendiri sering digunakan di daerah sebagai berikut.

Komering

  • Jelma Daya (Suku Daya; dituturkan di area Muaradua dan sekitarnya) dan Komering (dialek ini lazimnya dipakai di OKU Timur)
Baca Juga  Cara Beli Emas Online di Tamasia

Contoh kata Dalam bahasa Lampung Dialek A

Nyak Haga Mit Sekulah (Saya Mau Sekolah)

Niku Ghadu Mengan? (Kamu Sudah makan ?)

kikuti Betoh, Beli Gawoh Di waghung ( Jika Kalian Lapar, Beli saja Di Warung)

Nyak Dengis NIku Magheng (Saya Dengar Kamu Sakit)

Ucapan atau kata dalam Dialek A bahasa Lampung Kurang lebih seperti di atas.

Contoh kata Dalam bahasa Lampung Dialek O

Nyow Sei Dapek Ku Tulung (Apa Yang Dapat Saya Bantu)

Tiyan Nyeruit Jamo Punyeu Puppul (Mereka Nyeruit Dengan Ikan Bakar)

Nyow Si Dapek Ku Tulung (Apa Yang Bisa Saya Bantu)

Nyak/Ikam Ago Pedem Pai (Saya Mau Tidur Dulu)

Begitulah kurang lebih Pengucapan Bahasa Lampung yang menggunakan dilek A dan O. tidak hanya terdapat 2 jenis dialek saja, ternyata bahasa ini memiliki penulisa Aksara yang di sebut Aksara Lampung. jadi tidak hanya bahasa jawa, bali, dan daerah lainya di indonesia ternyata lampung juga memiliki penulisan Aksara.

Lalu Apa yang di maksut dengan Aksara? Aksar iyalah suatu tulisan yang berbentuk simbol-simbol.

Setelah kalian paham cara pengucapan Bahasa Lampung dan di daerah mana saja yang menggunakan kedua dialek tersebut, mari kita lanjut ke topik intinya. yaitu Belajar Bahasa Lampung Menggunakan Aplikasi online dan offline. dengan adanya aplikasi ini kalian akan dimudahkan untuk mencari arti sekaligus memahami artinya, tidak seperti dulu lagi, kita harus meminjam Kamus Bahasa Lampung Di Perpustakaan Sekolah dan tentu terbatas juga.

1. Kamus Bahasa Lampung Dan Terjemahan

Aplikasi translate Bahasa Lampung yang di buat oleh 145 studio adalah aplikasi terbaik menurut admin selain menerjemahkan dari Bahasa Lampung ke Indonesia bisa juga sebaliknya. mudah di gunakan dan dapat memper cepat anda belajar bahasa tersebut.

Tidak kalah pentingnya terdapat penulisan aksara lampung di aplikasi tersebut. ukuranyapun cukup kecil hanya sekitar 4,5 MB dan bisa digunnakan dalam keadan offline atau tidak tersambung ke internet.

Baca Juga  Cara Membuat HP Android Menjadi Webcam PC atau Laptop

Untuk fitur yang diberikan Aplikasi Kamus Bahasa Lampung ini cukup memudahkan pengguna, anda dapat langsung menyalin setelah menerjemahkan dan dapat anda kirim melalu Whatsapp.

2. Kamus Bahasa Lampung Lengkap

Aplikasi buatan guruandroid juga tidak kalah bagus untuk membantu kita dalam menerjemahkan bahasa lampung. sekitar 50.000 pengguna telah mendownloadnya, ukuranya juga sangat kecil hanya 3,8MB saja dan bisa di akses secara offline.

Untuk Kosa kata Bahasa Lampung yang ada di dalam aplikasi ini sudah cukup lengkap, jadi akan sangat mudah menemukan atau membuat kata-kata dalam bahasa tersebut.

Tidak hanya itu saja tampilan antar muka Kamus lampung ini cukup sederhana sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya sehingga anda tidak akan bosan saat mempelajari kosakata-kosakata yang ada di Aplikasi Bahasa Lampung ini.

3. Kamus Bahasa Lampung Ber Dialek A & O

Menakjubkan Sekali aplikasi buatan Dhukiya yaitu Kamus Bahasa Lampung Dialek A & O memiliki hingga ribuan kosakat yang akan memudahkan anda untuk menerjemahkan bahasa lampung ke indonesia dan sebaliknya.

Hal menarik dalam aplikasi ini yaitu terdapat 2 dialek bahasa lampung A & O, jadi anda tinggal pilih mau dialek yang mana anda trnslate.

Di playstore apalikasi ini telah di unduh 100.000+ dan mendapatkan Rating 3+ yang bisa dibilang cukup bagus. ukuran juga tidak terlalu besat hanya 6,5MB dan Mendukung Versi android 4.2 dan yang lebih tinggi.

Itulah pilihan Aplikasi Translate Bahasa Daerah Lampung ke Indonesia Untuk Android yang bisa kamu install dan gunakan. jangan lupa ya kabari kawan mu yang sedang mencari aplikasi ini, atau kamu bisa bagikan di akun sosial media Milik MU. 🙂

Satu pemikiran pada “3 Aplikasi Translate Bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia Untuk Android Terbaik”

Komentar ditutup.

close