Cara Memasang dan Menggunakan Grammarly di Google Documents

Aplikasi Grammarly adalah salah satu alat pengeditan teks Perbaikan tata bahasa Inggris online terbaik yang tersedia. Berikut cara memasang dan menggunakannya di Google Documents untuk menyempurnakan tulisan jika terjadi kesalahan penggunaan kata dan tata bahasa. Bahasa inggris yang paling utama.

Kita semua tidaklah luput membuat kesalahan dalam menulis apa lagi kita masih pemula dalam berbahasa inggris. Kabar baiknya adalah ada alat untuk membantu kita meningkatkan kemampuan menulis dan memperbaiki kosa kata yang salah, yaituk Grammarly. Dan sekarang, Grammarly bisa terintegrasi dengan Google Documents untuk penulisan, sehingga kita dapat bebas dari kesalahan penulisan.

Singkat Tentang Grammarly

Grammarly adalah alat proofreading dan pengeditan teks yang mudah digunakan, sempurna untuk mengoreksi semuanya, mulai dari email bisnis hingga posting blog. Alat ini dapat menemukan kesalahan tata bahasa dalam teks Anda dan bahkan memberi Anda saran tentang kejelasan dan nada .

Grammarly ditawarkan secara online melalui browser untuk fungsionalitas salin dan tempel yang mudah. Anda juga dapat mengunduh aplikasi Grammarly untuk iOS dan Android untuk memudahkan pengeditan saat bepergian.

Cara Memasang Grammarly di Google Documents

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan Grammarly adalah di dalam Google Documents . Jika Anda menggunakan Google Documents untuk menulis sesuatu, entah itu dokuen pekerjaan atau untuk blog, ini sangat berguna karena menghemat waktu Anda . Karena anda tidak lagi perlu menyalin dan menempelkan Texts secara manual. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal Grammarly di dalam Google Documents .

Untuk menggunakan Grammarly, Anda harus memasang ekstensi browser. Saat ini, Anda dapat menggunakan Grammarly di dalam Safari, Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge. Namun, untuk pengalaman terbaik, sebaiknya gunakan Google Chrome.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Printer Epson l360 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Cara Memasang dan Menggunakan Ekstensi Grammarly di Chrome

Pertama, mulai buka Google Chrome. Kemudian, ikuti petunjuk berikut untuk memasang ekstensi:

  1. Kunjungi Toko Web Chrome dan telusuri ekstensi Grammarly (atau ikuti tautan ini ).
  2. Pilih Tambahkan ke Chrome untuk memulai penginstalan. tunggu sampai selesai.
  3. Jika diminta, pilih Tambahkan Ekstensi .

Sekarang ekstensi Grammarly sudah terpasang dan siap digunakan. Di sudut kanan atas browser Anda, Anda akan melihat ikon Grammarly berwarna hijau. Jika tidak, pilih ikon potongan puzzle, temukan Grammarly, dan klik Pin (ikon pushpin) untuk menyematkannya ke bilah tugas.

Cara Menggunakan Grammarly di Google Documents

Sekarang Anda siap menggunakan Grammarly di mana pun Anda mengetik, termasuk Google Documents. Saat Anda masuk ke Google Documents dan membuka dokumen, Anda akan secara otomatis melihat ikon Grammarly di kanan bawah layar Anda.

Ikon ini akan melakukan beberapa hal, tergantung pada pekerjaan Anda. Mari kit lihat fungsinya:

  • Ikon Memuat: Ini berarti Grammarly secara aktif memeriksa Tulisan Anda. Dalam beberapa detik, Grammarly akan memberi Anda laporan.
  • Ikon hijau: Artinya tidak ada kesalahan yang ditemukan dalam tulisan Anda.
  • Ikon kuning dengan angka: Ini berarti teks yang anda tulis memiliki kesalahan kecil. Nomor akan menunjukkan berapa banyak kesalahan yang ada dalam teks Anda.
  • Ikon merah dengan angka: Ini berarti teks Anda benar-benar memiliki kesalahan yang harus Anda perbaiki terlebih dahulu. Sama seperti dengan ikon kuning, nomor akan menunjukkan berapa banyak kesalahan yang ada dalam teks Anda dan harus di perbaiki.

Untuk menggunakan Grammarly, yang harus Anda lakukan adalah mulai mengetik. Saat Anda bekerja, Grammarly akan menyoroti kesalahan dan memberikan rekomendasi. Misalnya, Anda mungkin melihat kata yang salah eja di garis bawahi dengan warna merah, yang merupakan kesalahan fatal.

Cukup klik kata yang digaris bawahi atau berwarna untuk melihat saran Grammarly. Anda kemudian dapat memilih saran untuk mengedit, atau pilih Abaikan untuk menghapusnya.

Baca Juga  Lalamove V.1.2 Auto Bid Terbaru

Jika Anda ingin melihat lebih detail, Anda juga dapat memilih Lihat selengkapnya di Tata Bahasa . Jika Anda memiliki akun Premium , Anda akan melihat saran premium seperti pilihan kata dan tingkat kerumitan.

Ikon Grammarly Tidak Terlihat di Google Documents: Apa yang Harus Saya Lakukan?

Jika Grammarly tidak memberi Anda saran atau jika Anda tidak dapat melihat ikon Grammarly di dalam dokumen Anda, Grammarly untuk Google Documents mungkin dinonaktifkan. Temukan ikon Grammarly di bilah alat browser Anda dan klik di atasnya. Kemudian, pastikan Periksa saran penulisan di Google Documents diaktifkan.

Jika tidak, balikkan sakelar lalu kembali ke dokumen Anda. Grammarly kemudian harus mulai memeriksa pekerjaan Anda.

Kiat & Trik Grammarly yang Berguna

Sekarang Anda telah menginstal Grammarly di Google Chrome dan Google Documents, saatnya untuk memanfaatkan ekstensi tersebut sebaik-baiknya. Ada banyak tip dan trik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman Anda dan sekaligus meningkatkan tulisan Anda.

  • Ubah gaya penulisan Anda dengan mudah: Apakah Anda memerlukan Grammarly untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris British? Bagaimana dengan bahasa Inggris Kanada? Jika demikian, Anda dapat dengan mudah mengubah gaya penulisan Anda dengan mengklik ikon Grammarly dan memilih gaya Anda dari menu di sebelah I write in . Saat ini, ada empat pilihan yang dapat dipilih, termasuk Bahasa Inggris Amerika, Bahasa Inggris British, Bahasa Inggris Kanada, dan Bahasa Inggris Australia.
  • Matikan saran yang tidak pernah Anda gunakan: Ada beberapa saran yang akan diberikan Grammarly yang mungkin selalu Anda abaikan, seperti koma Oxford. Dengan akun Grammarly Premium, Business, atau Education, Anda dapat menonaktifkan saran ini. Cukup buka pengaturan Anda dengan mengklik ikon Tata Bahasa dan kemudian Semua Pengaturan .
  • Memeriksa dokumen baru dengan cepat melalui ikon Grammarly: Ingin memeriksa dokumen di dalam alat browser Grammarly? Anda dapat membuka dokumen baru tepat di dalam Grammarly dengan memilih ikon Grammarly lalu mengklik + New Document . Dokumen baru akan terbuka di jendela lain di dalam Grammarly.
  • Tambahkan kata ke kamus pribadi Anda: Beberapa kata seperti istilah unik untuk perusahaan Anda, nama merek, atau jargon industri belum dikenali oleh Grammarly. Jika Anda sering menggunakan istilah yang secara konsisten ditandai oleh Grammarly sebagai tidak dikenal, tambahkan istilah tersebut ke kamus Anda. Untuk melakukannya, klik ikon Tata Bahasa dan kemudian Semua Pengaturan . Pilih Sesuaikan lalu Kamus Pribadi . Ketik kata Anda dan pilih Tambahkan untuk memasukkannya ke dalam kamus Anda.
  • Pilih bahasa baru: Apakah Anda berbicara bahasa selain bahasa Inggris? Jika demikian, Anda dapat mengubahnya di dalam Grammarly. Arahkan ke Semua Pengaturan > Sesuaikan > Bahasa . Di sini, Anda dapat memilih bahasa utama dan bahasa yang Anda gunakan untuk menulis menggunakan menu tarik-turun.
  • Menambahkan panduan gaya perusahaan: Jika Anda menggunakan Grammarly untuk bisnis dan memiliki akun Bisnis, Anda dapat menetapkan aturan di dalam Grammarly untuk seluruh organisasi Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga email, posting blog, halaman situs web, dan lebih konsisten terlepas dari siapa yang menulisnya.
Baca Juga  Cara Cetak Emas di Tamasia

Di Mana Lagi Anda Dapat Menggunakan Grammarly?

Grammarly adalah salah satu alat Perbaikan kalimat bahasa Inggris online terbaik di luar sana. Dan Anda dapat melakukan lebih banyak lagi dengannya di luar Google Documents.

Misalnya, Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai ekstensi di dalam Safari. Itulah Cara Memasang dan Menggunakan Grammarly di Google Documents. semoga artikel ini berguna untuk anda.

close