Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati – Barang-barang elektronik sperti HP semakin lama kita gunakan daya tahan perangkat tersebut akan semakin berkurang. Mulai dari hardware yang mulai rusak dan software yang mulai melemah kinerjanya.

Kerusakan yang sering terjadi pada bagian hardware pada telepon seluler yaitu pada baterai. Diantara keruskan yang terjadi yaitu baterai ponsel tidak bisa dicharge, baterai boros, di chas malah berkurang dan tidak bisa lepas dari chasan.

Baterai yang sudah jelek atau melembung biasanya tidak berfungsi dengan baik walaupun sudah dicas penuh, baru dipakai sebentar saja langsung lowbet atau baterai drop. selain itu dengan kondisi baterai yang seperti ini kadang tidak bisa di charge dalam keadaan mati. ini akan membuat anda kerepotan, apa bila HP anda mati total. anda perlu menggunakan bantuan Desktop Charger untuk mengisi baterai HP tersebut.

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati

Nah apa bila saat ini kamu mengalami masalah HP yang tidak bisa di charger dalam keadaan mati karena kehabisan baterai.

Pada artikel tips berikut ini hadapin.com akan memberikan beberapa tutorial yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya, yuk lihat caranya.

Cek Kondisi Baterai Ponsel

Jika baterai ponsel mu bukan baterai tanam silahkan lepas terlebih dahulu cek kondisi fisiknya, apa baterai sudah menggelembung atau terjadi korosi pada pin batre.

jika ternyata kondisi fisik baterai hp mu sudah tidak baik-baik saja, sebaiknya kamu harus menggantinya dengan yang baru. kemungkinan sebab hp mati total dan tidak bisa di cas karena baterai sudah soak, jadi tidak bisa mengisi daya dengan normal.

Baca Juga  Cara Membuat Email Baru di HP Tanpa Nomor HP

Adapun ciri-ciri Baterai HP Rusak Secara Umum iyalah sebagai berikut

  1. Terasa panas dibagian belakang HP tidak seperti biasanya
  2. Jika di lihat chasing blakang hp terlihat menonjol, menandakan baterai kembung
  3. Kadang-kadang baterai bisa di charger dan tidak bisa.
  4. Baterai HP cepat sekali penuh ketika dicas, tapi saat casan di lepas baterai ngedrop lagi.

Cek Kondisi Charger Ponsel

Penyebab Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati total berikutnya iyalah charger yang kamu gunakan, kamu perlu tes pakai charger lain yang masih normal dan dengan besar arus yang sama mislanya 5v-2A, jika bisa mengisi dan penuh seperti biasa. berarti yang rusak charger hp mu. kamu bisa membeli charger baru, tapi pastikan besar arusnya harus sama ya.

Etzz, sebelum kamu beli charger baru sebaiknya kamu coba periksa kabel USB nya. kamu lepas dan kamu pasangkan ke kepala charger lain. periksa apakah bisa mengisi baterai dengan normal, jika tidak kamu coba lakukan sebaliknya. Kabel USB di charger yang normal kamu pindah ke kepala charger punya mu. nah apa bila bisa mengisi daya baterai ponsel mu dengan normal, berarti yang rusak hanya kabel USB nya aja.

Kamu cukup membeli kabel casan nya aja di konter terdekat di kota mu, tapi kamu harus beli kabel yang bagus ya, supaya awet dan pengisian baterai bisa optimal.

Cek Port USB di Ponsel

Setelah Kamu cek kondisi Baterai, Charger dan Kabel USB. dan masih belum juga berhasil Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati. langkah berikutnya yang bisa kita lakukan adalah mengecek port USB yang ada pada ponsel.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang Di HP

Periksa apakah di dalam port usb terdapat kotoran, mengalami keruskan fisik pada port nya atau mengalmi keruskan lainya. Bisa jadi port usb sudah goyang dan tidak dapat mengisi baterai secara optimal.

Untuk kerusakan ini kamu tidak dapat memperbaikinya sendiri, apa bila kamu tidak punya keahlian servis HP. kamu harus menggunakan jasa tukang servis HP di kota terdekat tempat tinggalmu. tapi apa bila port usb anda kotor. coba dulu bersihkan dengan cara meniup bagian lubang usb nya.

Flash Ulang Ponsel

Terkadang Masalah hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati baterai tanam ada apada keruskan sistem operasi yang membuat baterai boros dan cepat rusak, entah itu terkena virus, file yang terhapus dan lain sebagainya.

Cara yang dapat kita lakukan iyalah menginstal ulang firmware ponsel agar normal lagi seperti baru.

Untuk cara Flash ulang hp android tidak semuanya sama. Setiap merk hp atau tipe HP biasanya berbeda-beda. seperti flash HP Samsung harus menggunakan ODIN, HP Mediatek menggunakan SP Flash Tool, Xiaomi dengan MiFlash dan lainnya.

Kamu bisa mencari tutorial flash ulang hp android di google atau di youtube. pastikan harus sesuai dengan tipe HP mu ya.

IC Power Rusak

Semua cara di atas sudah di lakukan tapi belum bisa juga? kita ke tahap berikutnya untuk mengecek ice power. bisa jadi ice power rusak sehingga membuat hp mati total dan tidak bisa dicas. bahkan tidak mau sama sekali dicas.

Kerusakn seperti ini sering ditemukan pada HP Asus, Xiaomi dan Samsung. adapun ciri-ciri yang bisa kamu ketahui jika ic power HP android rusak.

  • jika hp di colokan ke casan hp mau hidup akan tetapi jika casan di lepas hp akan mati lagi.
  • Hp bisa dicas dalam keadan mati dan mau terisi penuh. tapi jika dihidupak tidak mau.
  • Indikator baterai Menurun dengan cepat dan tiba-tiba HP langsung mati.
Baca Juga  6 Langkah Cara Membersihkan Internal Xiaomi Agar Tidak Lemot

Lalu bagaiman untuk hp android yang menggunakan baterai tanam?

Saat ini hampir semua hp android tidak lagi menggunakan baterai yang dapat di lepas dan bisa kita cas apa bila baterai benar-benar habis. alhasil pengguna ponsel dengan baterai tanam sedikit kebingungan jika hp mereka mati karena baterainya habis.

Sebenranya walau disebut dengan baterai tanam kalian dapat melepasnya, dengan membuka chasing belakang. untuk melepas baterai tanam ada yang sulit dan mudah itu tergantung apa tipe HP kamu.

Apa bila kamu masih ragu dengan kemampuan mu untuk Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati dengan cara-cara di atas. sebaiknya kamu ke tukang servis hp untuk di cek lebih lanjut, agar tidak terjadi krusakan yang lebih parah lagi.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati. apa bila kamu bisa dandan sendiri itu jauh lebih baik sehingga bisa menghemat uang. tapi kalo kamu gak ahli jangan nekat ya untuk bongkar sendiri.