4 Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi yang Efektif

Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi yang Efektif – HP android tersusun dari berbagai jenis komponen hardware yang memiliki fungsi penting masing-masing. Salah satunya adalah komponen baterai yang berfungsi sebagai penyimpan daya dan penyalur daya ke komponen HP lain yang membutuhkannya. Dengan adanya daya yang dialirkan, maka HP akan menyala dan bisa digunakan seperti biasa.

 Masing-masing smartphone android dibekali dengan baterai yang berbeda-beda, baik dari jenis maupun kapasitasnya. Yang paling menjadi perhatian pengguna saat ingin membeli HP yakni soal kapasitas baterai yang dimiliki. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin awet daya dari baterai tersebut. Akan tetapi, terkadang baterai sangat boros sehingga pengguna harus sering mengecas. Lantas, bagaimana cara agar baterai HP awet tanpa aplikasi yang efektif? Berikut ini informasi selengkapnya.

Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi

Untuk bisa menghemat daya baterai HP, ada beberapa langkah efektif yang bisa dilakukan bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Adapun beberapa cara agar baterai HP awet tanpa aplikasi yang efektif tersebut, antara lain:

1. Tidak Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Salah satu kebiasaan buruk para pengguna HP android yakni mereka menjalankan banyak aplikasi sekaligus di perangkat HP-nya. Hal ini tentunya akan memaksa HP bekerja lebih keras dan tidak jarang akan mengakibatkan suhu panas pada HP meningkat drastis.

Jika sudah seperti ini, HP akan semakin lemot dan bahkan mengalami overheat. Jika dibiarkan, hal ini tentu akan menguras daya baterai HP sehingga menjadi lebih boros. Sebaiknya Anda jalankan aplikasi satu per satu di HP android tersebut. Kemudian close aplikasi secara penuh sebelum menjalankan aplikasi lainnya.

Baca Juga  Cara Membuat Emoji Android Menjadi Emoji iPhone Tanpa dan Menggunakan Aplikasi

2. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Terkadang ada aplikasi di android yang berjalan dengan sendirinya, padahal tidak sedang digunakan oleh pengguna. Berjalannya buka di layar muka HP, melainkan di background atau latar belakang. Biasanya aplikasi yang sering berjalan di background ini seperti, Facebook, WhatsApp, Instagram, aplikasi system dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda hentikan aplikasi berjalan sendiri di latar belakang tersebut. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni menghentikan secara manual dan otomatis. Berikut ini cara menghentikan secara manual yang bisa Anda lakukan, yakni:

  • Buka Pengaturan di HP.
  • Klik Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihentikan.
  • Kemudian klik Paksa Berhenti atau Force Close.

Sementara jika ingin menghentikan secara otomatis, maka bisa menggunakan fitur bawaan di android. Misal di HP Samsung Anda bisa menggunakan fitur Perawatan Perangkat dan Baterai.

3. Tidak Memainkan HP saat Dicas

Memainkan HP sambil dicharging hanya akan membuat HP cepat panas dan pengisian daya menjadi lebih lama. Jika hal ini dilakukan secara berulang-ulang, bukan tidak mungkin akan membuat baterai HP menjadi rusak, bahkan bocor.

Jika sudah seperti ini, kemungkinan besar baterai tidak bisa menyimpan daya dengan baik. Dampaknya baterai akan lebih cepat berkurang, bahkan ketika HP tidak Anda gunakan.

4. Menggunakan Jaringan yang Stabil

Baik itu jaringan seluler atau jaringan wifi, pastikan Anda menggunakan jaringan yang sinyalnya stabil di HP android. Untuk penggunaan provider, Anda gunakan kartu provider yang sinyalnya paling bagus dan kencang.

Sinyal provider yang lemah akan memaksa HP mencari jaringan yang paling cepat, dan hal ini akan berpengaruh terhadap konsumsi baterai sehingga lebih boros.

Baca Juga  Cara Membuat Desain Spanduk dengan Android

Itulah tadi beberapa cara agar baterai HP awet tanpa aplikasi yang efektif wajib Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.